HOME, Bugar

Ketahui 4 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kulit

Ketahui 4 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Biji bunga matahari dikenal dengan vitamin E yang mampu mencegah efek buruk radikal bebas pada kesehatan dan mengoptimalkan perawatan kulit.

Biji bunga matahari juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Itu sebabnya biji bunga matahari banyak digunakan sebagai bahan utama pada produk skincare. 

Untuk mengenal biji bunga matahari lebih jauh, cari tahu manfaat biji bunga matahari untuk kulit di bawah ini dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

Minyak biji bunga matahari

1. Melembapkan Kulit

Manfaat pertama biji bunga matahari untuk kulit yaitu dapat melembapkan. Terdapat kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya dimana mampu mempertahankan kelembapan alami kulit.

Selain itu, terdapat kandungan asam lemak dan antioksidan yang bisa membantu regenerasi kulit sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat.

Jika Anda ingin mendapatkan kulit halus, lembap dan bebas jerawat, maka cukup dengan mengoleskan langsung minyak biji bunga matahari ke kulit atau aplikasikan dengan bantuan kapas.

2. Sebagai Masker Wajah

Minyak biji bunga matahari dapat dijadikan sebagai masker wajah. Cara membuatnya tidak sulit, yaitu campurkan plain yoghurt, minyak biji bunga matahari dan perasan jeruk lemon lalu aduk rata.

Kemudian, oleskan masker tersebut ke wajah secara merata dan tunggu selama 20 menit sebelum membilasnya hingga bersih.

Minyak biji bunga matahari efektif melembapkan kulit, sedangkan yogurt membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Ditambah sari jeruk lemon bikin kulit kusam tampak kembali cerah. 

Baca Juga: Wajib Dicoba! Inilah 3 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Hidung

3. Memijat Seluruh Tubuh

Selanjutnya, minyak biji bunga matahari dapat dimanfaatkan untuk memijat seluruh tubuh. Anda juga bisa mencampurkannya dengan minyak jojoba atau almond saat memberikan pijatan ringan pada wajah, kaki maupun tangan. Mudah menyerap, kulit pun terjaga lembap, halus dan glowing alami.

4. Sebagai Scrub

Manfaat biji bunga matahari terakhir untuk kulit yaitu sebagai scrub. Scrub berfungsi untuk merawat wajah dengan menghilangkan sel-sel kulit mati, sekaligus mendorong regenerasi kulit. Namun terkadang muncul keraguan karena takut wajah justru mengalami iritasi.

Saatnya beralih ke produk scrub kimiawi ke bahan alami seperti biji bunga matahari. Cukup haluskan biji bunga matahari dengan food processor atau tumbuk hingga halus.

Simpan dalam wadah kedap udara dan simpan selama 1 bulan pada suhu ruangan atau lebih lama jika disimpan dalam lemari pendingin.

Untuk menggunakannya, cukup tambahkan air secukupnya pada bubuk biji bunga matahari hingga membentuk pasta.

Oleskan ke seluruh wajah yang sudah dibasahi sebelumnya, gosokkan perlahan lalu bilas hingga bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News