HOME, Bugar

Wajib Dicoba! Inilah 3 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Hidung

Wajib Dicoba! Inilah 3 Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Hidung

MOMSMONEY.ID - Jerawat di hidung terasa sangat mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri. Jerawat di hidung biasanya muncul dengan ukuran yang cukup besar.

Melansir dari herworld.co.id, jerawat di hidung bisa disebabkan karena pori-pori hidung yang tersumbat oleh minyak berlebihan dan sel-sel kulit mati.

Selain itu, jerawat di hidung juga bisa disebabkan karena rambut hidung yang tumbuh ke dalam kulit (in-grown hair) dan tanda-tanda akan munculnya infeksi dalam hidung, seperti nasal vestibulitis dan nasal furuncles.

Mengatasi jerawat di hidung masih bisa Anda atasi dari rumah. Anda bisa mengikuti cara di bawah ini untuk mengatasi jerawat di hidung. Melansir dari herworld.co.id, simak penjelasannya, yaitu:

1. Mengoleskan Essential Oil

Cara ampuh mengatasi jerawat di hidung adalah mengoleskan essential oil. Essential oil atau minyak atsiri dipercaya mampu memberikan sensasi lega pada bagian dalam hidung. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap essential oil yang dipakai.

Ada beberapa jenis minyak atsiri atau essential oil yang bisa digunakan yaitu thyme, kayu manis, tea tree oil (terbukti ampuh), minyak kelapa, rosemary, dan minyak zaitun. Gunakan essential oil secara rutin ke jerawat di hidung. 

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Wajah, Kulit Lembab dan Sehat

2. Kompres dengan air hangat

Selanjutnya, cara mengatasi jerawat di hidung yaitu kompres dengan air hangat. Nasal vestibulitis dapat diatasi dengan mengompreskan handuk yang dibasahi dengan air hangat ke hidung. Lakukan sebanyak tiga kali sehari selama 15-20 menit untuk membantu mengeringkan jerawat dan mengurangi nyeri. 

3. Berikan Antibiotik

Terakhir, berikan antibiotik juga untuk mengatasi jerawat di hidung. Jika mengompres belum ampuh untuk mengatasi jerawat hidung, maka pemberian antibiotik bisa Anda coba. 

Antibiotik yang biasanya diberikan dokter untuk infeksi bakteri adalah salep seperti bacitracin atau mupirocin, serta kapsul yang harus diminum agar mempercepat proses penyembuhan.

Jika infeksi sudah berat, pemberian antibiotik pada umumnya diberikan melalui infus hingga dilakukan drainase untuk mengeluarkan nanah untuk mencegah penyebaran infeksi di hidung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News