Bugar

Kenali Manfaat Purwaceng, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Vitalitas Pria

Kenali Manfaat Purwaceng, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Vitalitas Pria

MOMSMONEY.ID - Tanaman purwaceng atau pimpinella pruatjan merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman ini telah lama dikenal sebagai obat herbal karena sifat afrodisiak.

Melansir salah satu media daring nasional seperti Web MD dan Alodokter, akar purwaceng atau purwoceng mengandung beberapa senyawa aktif, antara lain Bergapten Isobergapten Sphondin.

Semua senyawa tersebut termasuk dalam kelompok furanokumarin. Karena kandungan tersebut, purwaceng dianggap bermanfaat untuk kesehatan. 

Selain itu, dialnsir dari beberapa sumber inilah beberapa manfaat tanaman purwaceng yang baik untuk kesehatan dan bisa Anda  ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Inilah 5 Manfaat Daun Pandan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Meningkatkan gairah dan vitalitas pria

Bukan tanpa alasan, purwaceng atau purwoceng dikaitkan dengan performa seks pria. Menurut sejumlah peneltian, akar purwoceng terlihat memiliki efek afrodisiak pada pria sehingga diduga dapat membangkitkan gairah seksual dan meningkatkan vitalitas atau performa seks pria.

Mengatasi infeksi

Senyawa flavonoid dan fenolik yang terkandung dalam purwoceng juga bersifat antibakteri, sehingga dapat membantu mengatasi infeksi. Bahkan dapat membasmi bakteri seperti Staphylococcus aureus, Salmonella typhi, dan E. coli.

Mengurangi peradangan

Manfaat tanaman purwaceng yang selanjutnya adalah mengurangi peradangan. Selain memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, purwoceng diketahui memiliki sifat antiradang.

Manfaat purwoceng juga diklaim baik untuk membantu penyembuhan luka, meredakan sariawan, mengurangi nyeri dan pembengkakan, serta mencegah kerusakan organ, seperti hati.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Menangkal efek radikal bebas

Kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kesehatan kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskuler. Mengkonsumsi purwoceng juga bisa membantu tubuh menangkal efek radikal bebas.

Mencegah kanker

Mengandung senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, purwaceng juga dipercaya dapat mencegah kanker. Senyawa tersebut juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan kanker. 

Meski purwoceng menyimpan beragam manfaat, penting untuk dipahami bahwa efektivitas dan keamanan purwoceng sebagai obat herbal untuk mengobati penyakit tertentu hingga saat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News