Bugar

Kenali Manfaat Pohon Pisang untuk Kesehatan, Mulai Daun hingga Buahnya

Kenali Manfaat Pohon Pisang untuk Kesehatan, Mulai Daun hingga Buahnya

MOMSMONEY.ID - Kenali manfaat pohon pisang untuk kesehatan, mulai daun hingga buahnya berikut ini. Ada banyak sekali manfaat pohon pisang untuk kesehatan.

Misalnya, buah yang bisa meningkatkan kesehatan pencernaan hingga daun pisang yang mampu menjaga kualitas makanan.

Menurut artikel di sebuah jurnal penelitian dengan judul Nutritional Value of a Banana Stem, batang pisang mengandung banyak nutrisi lengkap di dalamnya.

Batang pisang mengandung berbagai nutrisi mulai dari vitamin, protein tinggi, hingga serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Daftar Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Jadi tak heran, Anda bisa menjumpai banyak sekali manfaat batang pisang bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari Mayo Clinic berikuti: 

1. Mendetoks sistem pencernaan

Manfaat batang pisang yang pertama adalah bisa mendetoks sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang bisa didetoks ini mulai dari lambung hingga usus.

Hal ini dikarenakan batang pisang memiliki kandungan yang bisa mengeluarkan racun serta bakteri dari dalam sistem pencernaan yang kerap kali menyebabkan sakit perut hingga masalah perut lainnya.

2. Mengobati asam lambung

Manfaat batang pisang yang kedua adalah mengobati asam lambung. Buat Anda yang mengalami asam lambung, cobalah untuk mulai mengonsumsi batang pisang.

Salah satu manfaat batang pisang adalah bisa membantu mengobati asam lambung.

3. Menurunkan berat badan

Manfaat batang pisang yang ketiga adalah menurunkan berat badan. Batang pisang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi ini, maka Anda bisa mengonsumsi sebagai makanan untuk diet atau makanan untuk menurunkan berat badan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat, pastinya perut akan merasa kenyang lebih lama. Selain kaya akan serat, batang pisang juga kaya akan protein dan rendah lemak.

Tentunya kandungan-kandungan ini sangat cocok buat Anda yang sedang diet. Kandungan di dalam batang pisang bisa membantu melepas gula dan lemak dalam sel-sel tubuh manusia.

4. Menstabilkan kadar gula darah

Manfaat batang pisang lainnya adalah bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Batang pisang memiliki kandungan glikemik rendah yang jika dikonsumsi akan membantu mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah secara berlebihan.

Anda bisa mengonsumsinya sesaat sebelum makan besar sehingga lonjakan gula darah bisa dicegah lebih awal.

5. Menurunkan demam saat nifas

Batang pisang juga bisa membantu menurunkan demam saat nifas. Nifas sendiri adalah darah yang keluar dari rahim setelah melahirkan.

Saat nifas ini, sebagian besar perempuan akan mengalami demam. Untuk menurunkan demam tersebut, Anda bisa menggunakan batang pisang. Bisa dijadikan jus atau makanan.

Bisa juga dijadikan sebagai kompres dengan cara memarut batang pisang lalu meletakkannya di atas dahi.

Baca Juga: Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Daftar Makanan yang Memiliki Kalori Tinggi

Selain batang pisang, daun pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan dapat digunakan juga sebagai ramuan herbal.

Daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta dapat menyembuhkan penyakit sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan demam.

Daun pisang kering memiliki senyawa penting bagi kesehatan, seperti polifenol yang berperan sebagai antioksidan, lignin, hemiselulosa, protein, dan allantoin. 

Nah, dilansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa manfaat daun pisang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Antioksidan yang tinggi

Daun pisang kaya akan polifenol yang merupakan jenis antioksidan. Antioksidan diperlukan untuk melawan berbagai gangguan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. 

Antioksidan dapat melawan radikal bebas, sehingga mencegah peradangan mikro yang disebabkan oleh radikal bebas.

Peradangan tersebut dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis, alzheimer, demensia, bahkan kanker. 

Antioksidan yang tinggi juga diketahui dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan kusam.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa minum teh daun pisang 1-3 kali sehari.

2. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Manfaat daun pisang yang kedua adalah menyembuhkan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan adalah gejala dari banyak penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Kondisi ini sebagian besar disebabkan oleh virus, sehingga antibiotik tidak dapat menyembuhkannya. 

Sakit tenggorokan akan sangat mengganggu karena membuat pengidapnya merasa nyeri saat menelan makanan atau minuman.

Dengan meminum rebusan daun pisang minimal sehari sekali, ini dapat mengurangi sakit tenggorokan secara bertahap.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun pisang yang ketiga adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun pisang kering mengandung allantoin, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Inilah sebabnya mengapa daun pisang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan dan demam, yang terutama disebabkan oleh kekebalan tubuh yang buruk.

Anda bisa minum rebusan daun pisang atau teh minimal sehari sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit.

4. Menurunkan demam

Manfaat daun pisang yang keempat adalah menurunkan demam. Daun pisang mengandung antiradang dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Sebagian besar demam merupakan bentuk dari peradangan. Demam dapat ditandai dengan naiknya suhu tubuh.

Hal ini bisa terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang melawan penyakit yang mendasarinya. Daun pisang sangat membantu untuk menangani kondisi demam.

Daun Ini memiliki efek astringen yang dapat menurunkan dan meredakan demam. Minum rebusannya beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi demam.

5. Menyembuhkan luka dan iritasi kulit

Daun pisang telah digunakan untuk mengobati iritasi dan luka secara tradisional hingga sekarang.

Anda bisa menggunakannya dengan menghancurkan beberapa daun pisang dengan lesung. Kemudian oleskan daun pisang yang hancur ke area luka. 

Anda juga bisa mengikatnya dengan perban untuk menahan daun pisang dengan kuat. Ingatlah untuk mengganti daun dan perban setidaknya dua kali sehari.

Sifat antiperadangan di dalam daun pisang bertanggung jawab untuk menyembuhkan luka dan mengurangi iritasi.

Baca Juga: 11 Cara Menurunkan Darah Tinggi dan Cara Pencegahannya

Setelah mengetahui manfaat batang pisang dan daun pisang, kini kenali manfaat buah pisang yang pastinya sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan yang sayang untuk Anda lewatkan. 

Dilansir dari Verywell Fit, inilah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Sebagai sumber energi

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber energi. Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik.

Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang kedua adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dan juga dapat mengurangi risiko stroke.

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah.

Ada baiknya bila Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar kandungan dan manfaat pisang, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya.

Dokter juga dapat menganjurkan jumlah konsumsi buah pisang untuk sehari-hari, sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa manfaat pohon pisang untuk kesehatan, mulai daun hingga buahnya berikut ini. Ada banyak sekali manfaat pohon pisang untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News