Bugar

Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Daftar Makanan yang Memiliki Kalori Tinggi

Jangan Dikonsumsi Berlebihan, Ini Daftar Makanan yang Memiliki Kalori Tinggi

MOMSMONEY.ID - Ada daftar makanan yang memiliki kalori tinggi dan sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Kalori merupakan bagian dasar dari energi yang dapat ditemukan dalam hampir semua jenis makanan dan minuman.

Hanya saja, mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Apalagi, bila tidak dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan berkalori tinggi, tentu bukan pilihan yang tepat.

Namun, orang dengan berat badan rendah atau underweight, mengonsumsi makanan dengan kalori yang tinggi bisa membantu program peningkatan berat badan.

Sebagai gambaran, rata-rata pria membutuhkan sekitar 2.500 kcal (10.500 kJ) untuk menjaga berat badan yang sehat. Untuk rata-rata wanita membutuhkan sekitar 2.000 kcal (8.400 kJ) per hari. 

Baca Juga: Manfaat Buah Pir untuk Lambung, Ini 10 Buah yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Nilai ini dapat bervariasi tergantung dari umur, ukuran, dan bentuk aktivitas masing-masing orang. 

Tapi, beragamnya jenis makanan yang ada bisa menyulitkanmu untuk memilih mana yang aman untuk dikonsumsi.

Kurangnya pengetahuan mengenai makanan yang mengandung kalori tinggi juga berisiko merusak program diet. 

Nah, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa makanan yang memiliki kalori tinggi dan perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Daging merah

Makanan yang memiliki kalori tinggi pertama adalah daging merah. Produk daging merah mengandung banyak sekali kalori. Dalam 5 ons steak saja terkandung sebesar 300 kalori.

Tak hanya tinggi kalori, kandungan lemak daging merah juga cukup tinggi, yaitu 12 gram. Oleh sebab itu, penting untuk berhati-hati dalam mengonsumsi daging merah.

2. Kurma

Makanan yang memiliki kalori tinggi kedua adalah kurma. Buah khas bulan Ramadan ini cukup sering dijadikan pemanis alami.

Tapi, tahukah Anda bahwa kurma termasuk makanan dengan tinggi kalori? Satu buah kurma mengandung 23 kalori.

Mungkin angka ini terlihat kecil, tetapi yang sering terjadi adalah kalapnya konsumsi buah ini. Alhasil, kurma dikonsumsi dalam jumlah banyak sehingga kalori yang dikonsumsi menjadi berlebih.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serum Dark Spot, Efektif Mengatasi Masalah Kulit Anda

3. Nasi

Makanan yang memiliki kalori tinggi ketiga adalah nasi. Sebagai makanan pokok orang Indonesia, nasi cukup sulit untuk dihindari di kehidupan sehari-hari.

Meski terdapat sumber karbohidrat lain, nasi masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Padahal, nasi termasuk makanan yang cukup tinggi kalori.  Nasi menyimpan sekitar 200 kalori dalam satu mangkuk.

4. Alpukat

Makanan yang memiliki kalori tinggi keempat adalah alpukat. Alpukat terkenal sebagai salah satu sumber lemak baik. Oleh karena itu, buah ini kerap dijadikan pilihan makanan untuk diet. 

Namun, alpukat tergolong makanan yang berkalori cukup tinggi. Dalam 100 gram alpukat, terkandung sebanyak 160 kalori. 

5. Keju

Keju merupakan makanan yang cukup digemari banyak orang. Keju sering kali dijadikan sebagai tambahan atau topping dalam berbagai makanan dan minuman.

Tetapi, perlu diketahui bahwa kadar lemak dalam keju cukup banyak sehingga termasuk makanan tinggi kalori. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membatasi taburan keju di atas makanan Anda.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Menu Diet Defisit Kalori 7 Hari Ini Jadi Cara Menurunkan Berat Badan

6. Smoothies

Smoothies memang salah satu minuman yang sehat karena seluruh bagian buah dikonsumsi sehingga tidak ada serat yang terbuang. Namun, cara Anda mengolahnya harus diperhatikan.

Sering kali, banyak orang yang menambahkan gula atau kental manis supaya rasa lebih manis dan enak. Padahal, hal ini lah yang membuat smoothies menjadi tinggi kalori.

7. Pisang

Makanan yang memiliki kalori tinggi selanjutnya adalah pisang. Pisang bisa dijadikan sumber energi karena mengandung kalori yang cukup tinggi.

Pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat. Selain itu, pisang juga mengandung serat, kalium, vitamin A, vitamin C, dan folat.

8. Minyak kelapa

Biasa digunakan sebagai minyak goreng di kehidupan sehari-hari, minyak kelapa termasuk salah satu bahan makanan yang mengandung banyak kalori.

Namun di sisi lain, minyak kelapa dan minyak yang berasal dari tumbuhan juga kaya akan lemak tidak jenuh serta omega-3 yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Ingin Adopsi Anjing? Ini Harga Anjing Akita Inu yang Dikenal Setia

9. Ubi jalar

Makanan lainnya yang tinggi kalori adalah ubi jalar. Sayuran yang memiliki rasa manis ini bisa dikonsumsi langsung ataupun dijadikan kolak.

Dalam 200 gram ubi jalar yang dimasak, terdapat sebanyak 180 kalori. Terlepas dari besarnya jumlah kalori, ubi jalar juga mengandung vitamin, mineral, serta 6,5 gram serat.

10. Kentang

Sering dijadikan pengganti nasi untuk diet, sebenarnya kentang termasuk makanan tinggi kalori. Selain itu, cara memasak kentang juga memengaruhi kandungan kalorinya. 

Kentang yang digoreng atau dijadikan keripik pastinya memiliki kalori dan lemak yang lebih banyak dibandingkan kentang yang direbus. Jadi, pastikan cara memasak kentang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: 10 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghitung dan memperkirakan kalori yang Anda butuhkan dan kalori yang terkandung pada makanan yang akan Anda konsumsi.

Dengan menghitung dan cermat dalam memilih makanan, Anda bisa  terhindar dari sejumlah masalah kesehatan akibat kelebihan kalori, seperti:

1. Obesitas

Obesitas terjadi akibat jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang dibakar.

Kalori yang tidak digunakan akan diubah oleh tubuh menjadi lemak, sehingga menyebabkan pertambahan berat badan.

2. Penyakit jantung

Mengonsumsi terlalu banyak makanan berkalori tinggi, terutama yang diolah dengan cara yang salah, bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Oleh karena itu, mulailah memperhatikan asupan kalori dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

3. Stroke

Mengonsumsi makanan tinggi kalori sering dikaitkan dengan stroke. Hal ini karena makanan tinggi kalori yang diolah dengan cara tidak sehat, seperti gorengan, biasanya juga tinggi kolesterol.

Tingginya kolesterol akan menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah (aterosklerosis) yang akan meningkatkan risiko terjadinya stroke.

Itulah beberapa daftar makanan yang memiliki kalori tinggi dan perlu Anda ketahui agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News