HOME, Bugar

Kenali Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kacang Kenari untuk Kesehatan

Kenali Manfaat dan Kandungan Nutrisi Kacang Kenari untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Manfaat kacang kenari untuk kesehatan jarang diketahui oleh khalayak. Mulai dari menjaga berat badan, memperbaiki pencernaan, hingga meningkatkan fungsi otak bisa Anda dapatkan dari kacang kenari. 

Menurut U.S. Department of Agriculture, Kacang ini juga mengandung mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan zat besi. Tak hanya itu. Kacang kenari juga menjadi sumber terbaik dari asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh tunggal.                      

Kacang kenari jarang ditemukan dalam bentuk utuhnya, tetapi Anda bisa menemukan kacang yang berbentuk bundar ini di dalam kue ataupun hidangan tertentu. 

Rasanya yang khas membuat beberapa orang menyukai kacang kenari. Di samping menjadi camilan, kacang kenari juga berkhasiat untuk kesehatan. 

Baca Juga: Manfaat Kacang Almond, Salah Satunya Bisa untuk Diet

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat kacang kenari yang baik untuk kesehatan. 

1. Menjaga berat badan

Manfaat kacang kenari yang satu ini cukup unik karena sebenarnya kacang kenari memiliki kalori yang besar. Namun, kalori dalam kacang kenari hanya diserap oleh tubuh kurang dari 21%.

Tidak hanya itu, kacang kenari juga mampu mengontrol nafsu makan Anda. 

2. Melawan Kanker

Kacang kenari dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara. Secara keseluruhan, diet kacang kenari dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat 30-40 persen. 

3. Baik untuk pencernaan

Mengonsumsi kacang kenari tiap hari bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kacang kenari memiliki senyawa yang menambah jumlah bakteri yang memproduksi lemak butirat yang memberikan nutrisi untuk pencernaan. 

Baca Juga: Cerahkan Kulit Secara Alami dengan Rutin Konsumsi Makanan Ini

4. Mengontrol berat badan dan peningkatan kesehatan reproduksi pria

Menambahkan menu kacang kenari dalam menu dietmu bisa membantu kamu mempertahankan berat badan ideal. Makan kenari juga sering dikaitkan dengan rasa kenyang, sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang mengontrol asupan makan. 

Selain mengontrol berat badan, kacang kenari juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria melalui peningkatan kualitas sperma mulai dari vitalitas, motilitas, dan morfologinya.  

5. Meningkatkan fungsi otak

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi kacang kenari diyakini mampu meningkatkan fungsi otak dengan mengurangi peradangan dan radikal bebas.

Kacang kenari dinilai bermanfaat untuk mengoptimalkan proses berpikir dan meningkatkan memori. 

Bila Anda memiliki alergi kacang, jangan mengonsumsi kacang kenari. Sebaiknya, jangan berikan kacang kenari kepada anak-anak karena kacang kenari dapat membuat anak tersedak. 

Manfaat kacang kenari bagi kesehatan sangat menggiurkan, tetapi tidak berarti Anda hanya mengonsumsi kacang kenari saja. Menjaga kesehatan memerlukan paduan antara pola makan dan gaya hidup yang sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News