Santai

Kenali Kepribadian People Pleaser, Kepribadian yang Susah Menolak

Kenali Kepribadian People Pleaser, Kepribadian yang Susah Menolak

MOMSMONEY.ID - Bagi masyarakat masa kini, istilah people pleaser sudah menjadi istilah yang banyak digunakan. Namun apa arti sebenarnya dari istilah ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Menurut Merriam Webster, definisi people pleaser adalah sebuah sifat yang dimiliki seseorang di mana mereka merasa memiliki perasaan dan kewajiban untuk menyenangkan seseorang lain secara emosional.

Kadang kala seorang dengan kepribadian ini memiliki keinginan yang besar untuk menyenangkan orang lain. Sehingga tidak bisa menolak permintaan dari orang lain.

Tak jarang, orang-orang dengan kepribadian ini seringkali kebaikannya dimanfaatkan oleh orang lain.

Baca Juga: Apa Itu Casual Dating, Hubungan Kencan yang Banyak Dipilih Masa Kini

People pleaser merupakan sifat yang sulit untuk dihilangkan dan bisa menjadi suatu permasalahan yang serius.

Melansir dari laman Web MD, hal tersebut disebabkan karena orang dengan kepribadian ini merupakan orang yang selalu siap sedia ketika sedang dibutuhkan dan tak bisa mengatakan tidak walaupun mereka ingin menolak memberi bantuan tersebut.

Beberapa ciri seorang people pleaser bisa diperhatikan antara lain seperti dengan mudahnya merasa setuju dengan opini dan ucapan orang lain.

Walaupun di dalam hati merasa tidak setuju, namun seorang people pleaser akan berpura-pura seperti setuju agar ia bisa disukai oleh orang lain.

Ciri lain seperti yang dilansir dari laman Psychology Today, adalah adanya perasaan merasa bertanggung jawab dengan perasaan orang lain.

Baca Juga: Mulai Perhatikan, Ini Lo 4 Tanda Terlalu Sering Lakukan Hubungan Seks

Hal tersebut menyebabkan seorang people pleaser akan lebih sering merasa bersalah dan meminta maaf karena merasa bertanggung jawab dengan perasaan orang lain jika tidak bisa memenuhi kebahagiaan orang lain secara emosional.

Sedangkan ciri utama dari seorang people pleaser adalah memiliki kesulitan untuk berkata tidak. Hal tersebutlah yang membuat mereka menjadi seseorang yang selalu siap sedia dan setuju dengan orang lain.

Ciri lainnya adalah seorang people pleaser ini adalah seorang yang tak menyukai konflik. Sehingga sering kali ia merasa tidak masalah mengorbankan perasaannya daripada harus terjadi konflik yang sebenarnya bisa dihindari.

Selain itu seorang people pleaser juga merasa tidak nyaman dengan konflik terutama ketika ada orang lain yang marah pada mereka.

Menjadi seorang yang memiliki kepribadian baik dan people pleaser merupakan dua hal yang berbeda.

Berkepribadian baik memang perlu untuk dimiliki, namun menjadi people pleaser merupakan hal sulit yang sebisa mungkin harus dihindari.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang kepribadian dan sifat people pleaser yang banyak digunakan dalam dunia masa kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News