Bugar

Kenali Kandungan dan Manfaat Rhubarb yang Jarang Diketahui

Kenali Kandungan dan Manfaat Rhubarb yang Jarang Diketahui

MOMSMONEY.ID - Rhubarb (Rheum rhabarbarum) adalah jenis sayuran yang tumbuh di daerah pegunungan dan beriklim sedang, seperti Asia Timur, Eropa, dan Amerika Utara.

Rhubarb termasuk sayuran yang jarang diketahui di Indonesia. Meski begitu, bentuknya mirip seperti sayuran yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Tangkainya berwarna kemerahan seperti tangkai daun singkong. Bedanya, tangkai rhubarb sedikit lebih tebal. Sementara daunnya mirip seperti selada. 

Batang rhubarb adalah sumber vitamin K dan vitamin A terbaik. Sayuran ini juga dilengkapi dengan antioksidan dan berbagai mineral penting yang memberikan manfaat kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Pakcoy, Bisa Menjaga Kesehatan Tulang hingga Cegah Kanker

Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat dari rhubarb yang jarang dieketahui, antara lain: 

Menurunkan kolesterol

Manfaat rhubarb yang pertama adalah menurunkan kolesterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta kolesterol total dalam darah.

Menurunnya kadar kolesterol bisa meminimalisir risiko penyakit jantung. Efek ini diperoleh dari antioksidan pada rhubarb. 

Memelihara kesehatan dan fungsi jantung

Manfaat rhubarb yang kedua bisa memelihara kesehatan dan fungsi jantung. Rhubarb mengandung serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Berbagai studi menunjukkan bahwa konsumsi rhubarb secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL sebanyak 9% dan kolesterol total sekitar 8%.

Melancarkan pencernaan

Manfaat rhubarb yang lainnya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat dalam sayuran ini bisa memperlancar saluran cerna sehingga masalah sembelit bisa dicegah. 

Rhubarb juga mengandung senyawa sennosides yang bertindak sebagai pencahar alami. Sedangkan kandungan taninnya mampu memberikan efek anti diare.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi! 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Menjaga kesehatan tulang

Manfaat rhubarb yang keempat bisa menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan vitamin K pada rhubarb bermanfaat untuk mendukung proses pembentukan jaringan tulang.

Oleh karena itu, rhubarb baik dikonsumsi untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, serta menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

Mencegah kanker

Antioksidan dalam rhubarb membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas mampu menyebabkan stres oksidatif jika kadarnya terlalu banyak.

Alhasil, sel-sel sehat rentan mengalami kerusakan sehingga memicu berbagai penyakit. Antioksidan mampu melawan radikal bebas agar risiko penyakit bisa dicegah. 

Manfaat rhubarb bisa Anda peroleh jika Anda menambahkannya dalam menu makan sehat sehari-hari. Namun, jika ingin mengonsumsi rhubarb sebagai suplemen atau obat herba, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News