HOME, Santai

Kenali Gejala Smiling Depression, Menutupi Depresi Dengan Senyuman yang Berbahaya!

Kenali Gejala Smiling Depression, Menutupi Depresi Dengan Senyuman yang Berbahaya!

MOMSMONEY.ID - Istilah yang berkaitan tentang kesehatan mental semakin hari semakin bertambah dan membuat kesadaran akan kesehatan mental juga meningkat.

Salah satunya adalah istilah smiling depression. Istilah ini mengacu pada kondisi gangguan mood yang jarang di diagnosis secara resmi oleh ahli.

Baca Juga: Beberapa Jenis Hubungan Romantis yang Umum Dijalani Pasangan, Anda yang Mana?

Smiling depression adalah kondisi ketika merasa cemas dan depresi namun terlihat baik baik saja bahkan dapat berpura-pura bahagia.

Kondisi ini bisa terjadi dengan berbagai gejala yang mungkin dirasakan oleh penderitanya. Berikut ini adalah beberapa gejala dari smiling depression.

Jarang disadari

Laman Web MD menjelaskan bahwa smiling depression merupakan salah satu jenis depresi yang bisa lebih berbahaya dari jenis depresi lainnya.

Karena depresi jenis ini biasanya tidak dapat dilihat dengan jelas dan penderitanya bahkan tidak menyadarinya. Hingga akhirnya membuat kemungkinan depresi bertambah berat dan terlambat mendapatkan pertolongan dari ahli.

Kehilangan percaya diri

Walaupun terlihat baik-baik saja dan dapat berpura-pura baik-baik saja, orang dengan smiling depression kerap kali memiliki gejala yaitu kehilangan rasa percaya dirinya.

Baca Juga: Waspada! Inilah Tanda-Tanda Umum dari Toxic Relationship

Hal tersebut disebabkan karena adanya depresi yang membuat mereka kehilangan kenikmatan untuk melakukan hal yang mereka sukai karena mereka kehilangan rasa percaya diri pada dirinya sendiri.

Perubahan pola tidur

Seperti yang dilansir dari laman Very Well Mind, orang orang yang mengalami smiling depression biasanya akan mengalami perubahan pola tidur sebagai salah satu gejala depresi.

Keinginan untuk tidur sepanjang hari, insomnia, bahkan memiliki jam tidur terbalik merupakan salah satu gejala perubahan pola tidur yang kerap dialami orang dengan smiling depression.

Gangguan nafsu makan

Gangguan nafsu makan tak hanya membuat seseorang menjadi kurus, terkadang depresi bisa membuat orang malah menjadi gemuk.

Perubahan berat badan dan adanya gangguan nafsu makan juga masuk dalam salah satu gejala depresi yang kerap dialami orang-orang dengan smiling depression.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News