HOME, Bugar

Kenali Gejala Kanker Otak yang Jarang Disadari

Kenali Gejala Kanker Otak yang Jarang Disadari

MOMSMONEY.ID - Gejala kanker otak pada umumnya sulit dikenali karena bisa sangat mirip dengan penyakit lainnya yang lebih ringan.

Itu sebabnya banyak orang yang memiliki penyakit ini baru didiagnosis ketika sudah berada pada stadium akhir, sehingga terlambat mendapatkan pengobatan kanker otak.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengenali apa saja gejala, tanda-tanda, dan ciri-ciri penyakit kanker otak yang mungkin terjadi, agar bisa lebih waspada.

Gejala dan tanda-tanda kanker otak yang muncul bisa berbeda pada setiap orang. Hal ini tergantung pada jenis tumor otak, ukuran, lokasi, usia, riwayat kesehatan, dan berbagai faktor lainnya.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Dilansir dar Cancer Care, berikut ini beberapa gejala kanker otak yang jarang disadari, antara lain:

1. Sering sakit kepala

Gejala kanker otak yang jarang disadari pertama adalah sering sakit kepala. Sakit kepala adalah gejala dini atau awal yang umumnya timbul akibat penyakit kanker otak.

Gejala ini memang seperti tanda dari penyakit ringan. Namun, sering sakit kepala karena kanker otak, yaitu terjadi secara terus menerus dan cenderung memburuk seiring berjalannya waktu.

Bahkan, obat sakit kepala biasa pun cenderung tidak mempan untuk mengobati gejala ini.

2. Kelemahan dan mati rasa

Gejala kanker otak yang jarang disadari kedua adalah mengalami kelemahan dan mati rasa. 

Kondisi ini bisa terjadi karena tumor mengganggu kerja otak, terutama otak besar, yang berfungsi mengontrol gerakan atau sensasi.

Gangguan kerja otak inilah yang kemudian menimbulkan kelemahan atau mati rasa, yang seringnya hanya di satu sisi.

3. Gangguan penglihatan

Gejala kanker otak yang jarang disadari ketiga adalah mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini bisa terjadi bila tumor atau kanker otak menyerang atau berada di dekat saraf optik. 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tumor ganas (kanker) di otak bisa menimbulkan gangguan atau masalah pada penglihatan Anda.

Anda mungkin akan mengalami perubahan penglihatan, seperti penglihatan ganda, penglihatan kabur, atau kehilangan penglihatan secara bertahap.

Anda mungkin juga melihat titik-titik putih atau bentuk yang mengambang di jarak pandang Anda, atau yang disebut dengan aura. 

Meski demikian, gejala dan tingkat keparahan dari masalah penglihatan ini akan berbeda pada setiap penderitanya. Hal ini tergantung pada ukuran dan jenis tumor di otak tersebut.

Baca Juga: Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegah Kanker

4. Kehilangan keseimbangan

Gejala kanker otak yang jarang disadari keempat adalah kehilangan keseimbangan. Hal ini terjadi karena tumor atau kanker berada dan berkembang di otak kecil Anda.

Selain gejala tersebut, gejala lainnya pun bisa saja muncul, seperti mual dan muntah, perubahan siklus menstruasi, kelelahan tanpa alasan, dan yang lainnya.

Bila ini terjadi pada Anda, segera konsultasikan diri ke dokter untuk memastikan penyebab tersebut.

5. Kejang

Gejala kanker otak yang jarang disadari kelima adalah kejang. kejang adalah ciri-ciri awal kanker otak lainnya yang sering terjadi.

Kondisi ini disebabkan oleh tumor yang mengiritasi otak sehingga membuat sel saraf otak bekerja tidak terkendali, dan menyebabkan anggota tubuh Anda bergerak menyentak tiba-tiba.

Kejang juga dapat berupa perubahan sensasi (penglihatan, penciuman, atau pendengaran) tanpa kehilangan kesadaran, bengong sesaat, mata mendelik sekejap, atau tanda lain yang tidak disadari. 

Itulah beberapa gejala kanker otak yang jarang disadari. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis.

Anda juga bisa membicarakan gejala kesehatan yang kamu khawatirkan pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News