HOME, Bugar

Catat! Ini 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

 Catat! Ini 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

MOMSMONEY.ID - Kanker payudara menjadi jenis kanker lain selain kanker serviks yang berbahaya bagi wanita.

Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan pada payudara, seperti saluran air susu, lobulus yang bertugas sebagai penghasil air susu, hingga jaringan penunjang seperti jaringan lemak.

Kanker payudara terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi pada sel-sel payudara yang berubah menjadi sel abnormal dan tidak terkendali.  

Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

 Dilansir dari Cancer Care, ketika sel kanker tumbuh di area payudara, inilah ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali, antara lain:

1. Keluarnya cairan berwarna dari puting

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali pertama adalah keluarnya cairan berwarna dari puting. Kanker payudara juga ditandai dengan munculnya cairan berwarna dari puting.

Kondisi ini akan disertai dengan munculnya luka pada puting yang tidak membaik. Cairan yang keluar biasanya bukan berwarna bening, melainkan cokelat kemerahan.

2. Benjolan pada payudara

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali yang kedua adalah benjolan pada payudara. Benjolan yang muncul di payudara adalah gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali.

Selain di area payudara, benjolan juga mungkin muncul di sekitar dada atas atau ketiak. Hal ini disebabkan jaringan payudara membentang hingga ke bawah lengan.

Sel kanker bisa menyebar melalui kelenjar getah bening yang ada di dekat payudara atau di bawah lengan ke organ-organ lain yang jauh dari payudara. 

3. Perubahan pada kulit payudara

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali ketiga adalah perubahan pada kulit payudara. Perubahan pada kulit payudara juga menjadi gejala kanker payudara.

Sel kanker biasanya juga menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat dan menyebabkan peradangan sehingga tekstur aslinya berubah. 

Ada beberapa perubahan payudara yang terkait dengan kanker, seperti adanya area kulit yang menebal, kulit payudara yang menjadi sedikit cekung dan berkerut, hingga kulit yang terasa gatal.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Payudara Sering Terasa Nyeri

4. Payudara besar sebelah

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali keempat adalah payudara besar sebelah. Payudara wanita memang tidak memiliki ukuran dan bentuk yang sama antara kiri dan kanannya.

Anda harus waspada jika payudara besar sebelah tidak seperti biasanya. Hal ini karena sel kanker dapat membuat seluruh atau sebagian area payudara membengkak.

Akibatnya, salah satu sisi payudara yang terkena kanker akan berukuran lebih besar.

5. Puting melesak atau tertarik ke dalam 

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali kelima adalah puting melesak atau tertarik ke dalam. Sel kanker dapat menyerang dan mengubah sel di belakang puting.

Hal ini bisa menyebabkan puting susu terbalik atau seperti melesak masuk ke dalam. Padahal, puting susu normalnya akan tampak menonjol keluar.

Selain ujung puting yang melesak ke dalam, bentuk dan ukuran puting juga kerap berubah jauh dari aslinya.

Inilah beberapa ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali. Jika Anda mengalami salah satyu diantaranya, sebaiknya Anda segera ke dokter untuk konsultasi dan melakukan peeriksaan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News