CLOSE [X]
ads

Catat! Ini 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

Reporter: Helvana Yulian
Senin, 17 Januari 2022 | 10:55 WIB
 Catat! Ini 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali

ILUSTRASI. Ciri-Ciri Kanker Payudara yang Mudah Dikenali


MOMSMONEY.ID - Kanker payudara menjadi jenis kanker lain selain kanker serviks yang berbahaya bagi wanita.

Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan pada payudara, seperti saluran air susu, lobulus yang bertugas sebagai penghasil air susu, hingga jaringan penunjang seperti jaringan lemak.

Kanker payudara terjadi akibat adanya perubahan atau mutasi pada sel-sel payudara yang berubah menjadi sel abnormal dan tidak terkendali.  

Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

 Dilansir dari Cancer Care, ketika sel kanker tumbuh di area payudara, inilah ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali, antara lain:

1. Keluarnya cairan berwarna dari puting

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali pertama adalah keluarnya cairan berwarna dari puting. Kanker payudara juga ditandai dengan munculnya cairan berwarna dari puting.

Kondisi ini akan disertai dengan munculnya luka pada puting yang tidak membaik. Cairan yang keluar biasanya bukan berwarna bening, melainkan cokelat kemerahan.

2. Benjolan pada payudara

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali yang kedua adalah benjolan pada payudara. Benjolan yang muncul di payudara adalah gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali.

Selain di area payudara, benjolan juga mungkin muncul di sekitar dada atas atau ketiak. Hal ini disebabkan jaringan payudara membentang hingga ke bawah lengan.

Sel kanker bisa menyebar melalui kelenjar getah bening yang ada di dekat payudara atau di bawah lengan ke organ-organ lain yang jauh dari payudara. 

3. Perubahan pada kulit payudara

Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dikenali ketiga adalah perubahan pada kulit payudara. Perubahan pada kulit payudara juga menjadi gejala kanker payudara.

Sel kanker biasanya juga menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat dan menyebabkan peradangan sehingga tekstur aslinya berubah. 

Ada beberapa perubahan payudara yang terkait dengan kanker, seperti adanya area kulit yang menebal, kulit payudara yang menjadi sedikit cekung dan berkerut, hingga kulit yang terasa gatal.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru