Bugar

Kenali 6 Vitamin Rambut yang Ampuh Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

Kenali 6 Vitamin Rambut yang Ampuh Merawat dan Menjaga Kesehatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Mendapatkan rambut sehat dan indah juga dibantu dengan vitamin rambut. Anda perlu memenuhi vitamin rambut untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut. Vitamin rambut didapatkan dari makanan sehat dan bergizi, seperti sayuran, buah dan lain-lain.

Lebih jelasnya, berikut beberapa vitamin rambut untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut dilansir dari thebodyshop.co.id

1. Asam Lemak Omega 3

Vitamin rambut pertama adalah asam lemak omega 3. Nutrisi asam lemak omega 3 ini dapat mendukung kesehatan kulit kepala seperti mengurangi pembengkakan di kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

Salah satu cara mendapatkan asam lemak omega 3 secara alami adalah dengan rutin mengonsumsi ikan terutama ikan laut.

2. Vitamin B dan Biotin

Vitamin B kompleks berguna untuk menguatkan dan menjaga kondisi rambut. Anda dapat mengonsumsi daging, susu, dan sayur hijau.

Vitamin B yang terkandung dalam sayur-sayuran hijau, seperti vitamin B-2, B-6 dan B-12 berperan penting untuk menjaga kesehatan rambut. Makanan-makanan tersebut sebaiknya masuk ke dalam menu makanan sehari-hari.

Biotin juga merupakan bagian dari keluarga vitamin B yang dikenal dalam kemampuannya untuk mendukung kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Sumber yang baik dari biotin dalam makanan dapat ditemukan pada bawang, kembang kol, kubis, mentimun, telur, tomat, dan wortel. Vitamin B6 sering ditemukan dalam makanan kaya protein.

3. Vitamin C

Kemudian, vitamin rambut yang bagus untuk kesehatan rambut adalah vitamin C. Vitamin C dapat juga merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat dan produksi kolagen rambut. Anda dapat memperoleh asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jambu, jeruk, nanas, dan strawberry.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Menghilangkan Bruntusan pada Wajah

4. Vitamin D

Vitamin D ternyata bagus juga untuk rambut, khususnya menumbuhkan rambut. Vitamin D dapat membantu menciptakan folikel rambut baru yang akan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Dari sisi makanan, Anda dapat mengonsumsi biji-bijian, ikan salmon, jamur, jeruk, atau susu rendah lemak. Anda juga dapat  berjemur beberapa saat pada pagi hari agar pro-vitamin D di dalam tubuh terkena sinar matahari, kemudian berubah menjadi vitamin D.

5. Vitamin E

Berikutnya, vitamin E juga termasuk vitamin rambut yang juga penting. Hal ini dikarenakan vitamin E membantu melancarkan peredaran darah terutama di kulit kepala dan membantu dalam penyerapan oksigen pada tubuh. Vitamin E banyak terdapat di almond, minyak jagung, dan sereal.

6. Zat Besi dan Zinc

Vitamin rambut lainnya adalah zat besi dan zinc. Vitamin ini berfungsi mengatasi kerusakan sel, termasuk sel rambut. Kelenjar minyak yang ada di sekitar folikel rambut juga akan distimulasi dan menumbuhkan rambut yang indah.

Zinc juga dipercaya untuk mengendalikan munculnya ketombe. Anda dapat menemukan pada makanan yang mengandung protein tinggi, seperti almond, bayam, biji-bijian, daging merah, kacang-kacangan, produk susu, dan tiram.

Itulah beberapa vitamin rambut yang bagus untuk merawat dan menjaga kesehatan rambut. Penuhi vitamin untuk rambut Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News