Bugar

5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Menghilangkan Bruntusan pada Wajah

5 Kebiasaan yang Bisa Membantu Menghilangkan Bruntusan pada Wajah

MOMSMONEY.ID - Selain jerawat dan komedo, bruntusan termasuk masalah kulit yang cukup mengganggu. Namun, Anda bisa menerapkan kebiasaan ini untuk menghilangkan bruntusan pada wajah.

Bruntusan adalah kondisi kulit yang kasar dan tidak rata, seperti ada benjolan kecil. 

Penyebab bruntusan secara umum disebabkan oleh perubahan hormon, produksi keringat, penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak sesuai, dan kebersihan kulit yang tidak dijaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif Menyamarkan Flek Hitam pada Wajah

Tidak perlu khawatir, berikut lima kebiasaan yang bisa membantu menghilangkan bruntusan dilansir dari thebodyshop.co.id, yaitu: 

1. Rajin membersihkan wajah

Kebiasaan pertama untuk menghilangkan bruntusan adalah rajin membersihkan wajah, minimal dua kali sehari. Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan sebelum dan setelah bangun tidur dengan menggunakan face wash yang sesuai jenis kulit Anda.

Untuk memastikan debu, kotoran, dan riasan wajah yang menempel terlepas, tidak ada salahnya jika Anda melakukan double cleansing.

Prosedur ini memerlukan wajah dicuci sebanyak dua kali. Pasalnya, sisa kotoran atau make-up yang menempel bisa menimbulkan masalah kulit lainnya.

2. Rutin memakai pelembap

Selanjutnya, kebiasaan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah adalah rutin memakai pelembap. Produk perawatan wajah yang satu ini ada baiknya digunakan oleh setiap orang, baik yang berkulit kering maupun normal.

Apabila Anda menginginkan perawatan yang maksimal, gunakan toner dan serum sebelum memakai pelembap.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Mendapatkan Pipi Merah Merona Alami

3. Mengompres wajah dengan air dingin 

Kemudian, Anda juga harus mengompres wajah dengan air dingin. Hal ini disebabkan oleh manfaat air putih yang mampu menyamarkan tampilan pori-pori.

Ketika Anda mengalami bruntusan, ada baiknya mengompres wajah dengan air dingin hingga gangguan ini mereda.

4. Menghilangkan sel-sel kulit mati

Kebiasaan untuk menghilangkan bruntusan berikutnya adalah menghilangkan sel-sel kulit mati. Eksfoliasi merupakan pelepasan lapisan luar kulit yang bertujuan untuk membersihkan wajah dari sel-sel kulit mati dan minyak berlebih.

Ternyata, hal ini pun bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan. Yang jelas, pastikan Anda menerapkan kebiasaan ini secara berkala.

5. Menggunakan Produk Perawatan Berbahan Alami

Kebiasaan lainnya untuk menghilangkan bruntusan adalah menggunakan produk perawatan berbahan alami, seperti lidah buaya. Produk-produk seperti ini cenderung aman dan terbebas dari senyawa kimia yang bisa memperburuk kondisi wajah.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membantu menghilangkan bruntusan pada wajah. Lanjutkan juga dengan pemakaian produk skincare yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News