HOME, Keluarga

Kenali 6 Jenis Ras Kucing Tidak Berbulu

Kenali 6 Jenis Ras Kucing Tidak Berbulu

MOMSMONEY.ID - Ras kucing tanpa bulu sebenarnya sudah ada sejak lama, tetapi baru tahun 2000-an mereka menjadi populer seperti sekarang.

Banyak peternak kucing yang kemudian mengembangkan ras baru dan sering kali dibuat dengan ras yang dianggap sebagai kucing tidak berbulu asli, yakni sphynx.

Namun, ada banyak ras berbeda yang serupa dan masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Dilansir dari The Spruce Pets, berikut 6 jenisnya.

Donskoy

Ras donskoy juga dikenal sebagai russian hairless, don hairless, atau don sphynx. Mereka secara unik berbeda dengan sphynx.

Donskoy merupakan ras kucing campuran dari ras peterbald-siam. Menariknya, beberapa kucing donskoy akan mengembangkan bulu musim dingin parsial ketika cuaca dingin, lalu akan merontokannya setelah suhu cuaca menjadi hangat.

Baca Juga: Bolehkah Kucing Peliharaan Diberi Makan Daging Jeroan? Ini Jawabannya

Bambino

Bambino merupakan kucing berukuran kecil. Ini sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Italia yang berart ‘bayi’ atau ‘anak’.

Kucing ini merupakan hasil persilangan dari sphynx dan munchkin. Kucing bambino mungkin masih memiliki sedikit bulu di wajah, telinga, kaki, dan ekornya, tetapi bagian lainnya tidak berbulu.

Dwelf

Kucing dwelf berasal dari persilangan antara ras munchkin, American curl, dan sphynx. Beberapa mutasi ini mengambil dominan kucing sphynx, sehingga mereka tidak berbulu.

Nama ‘dwelf’ berasal dari kata ‘dwarf’ (kurcaci) dan ‘elf’ karena badannya yang pendek dan terlinganya yang besar melengkung.

Minskin

Minskin merupakan ras kucing berkaki pendek dan tidak berbulu. Mereka juga merupakan hasil persilangan dari kucing sphynx dan munchkin.

Inilah kenapa sulit membedakan mereka dengan bambino, tetapi ukuran minskin lebih kecil dari bambino. Selain itu, minskin juga masih memiliki sedikit bulu yang tersebar.

Baca Juga: Apa Saja yang Sebaiknya Tidak Diberikan ke Anak Kucing untuk Dimakan

Peterbald

Peterbald adalah kucing elegan dengan fitur menonjol dan tungkai panjang. Mereka berasal dari persilangan shorthair donskoy dan oriental.

Namun, tidak semua Peterbald lahir tanpa bulu. Beberapa masih memiliki bulu halus dan terkadang memang lahir dengan penuh bulu.

Levkoy Ukraina

Levkoy Ukraina pertama kali dibiakkan pada tahun 2004 di Rusia dengan menyilangkan donskoy dan scottish fold (kucing Skotlandia).

Mereka benar-benar botak hingga memiliki lapisan beludur dan telinganya terlipat ke dalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News