Santai

Kenali 5 Penyebab Umum Perut Kembung dan Buncit Berikut

Kenali 5 Penyebab Umum Perut Kembung dan Buncit Berikut

MOMSMONEY.ID - Perut besar dan terasa kembung bisa terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Selain karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan, ada penyebab lain yang membuat perut terasa lebih buncit karena kembung.

Permasalahan seperti banyaknya kandungan air dalam tubuh, jenis makanan yang dimakan dan masalah kesehatan lainnya dapat menjadi penyebab perut terasa kembung.

Baca Juga: Kemenkes Luncurkan SATUSEHAT, Platform Integrasi Data Layanan Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa penyebab lain perut menjadi kembung dan terlihat buncit.

Masalah kesehatan

Masalah kesehatan seperti acid reflux, adanya iritasi pada usus besar, hingga wasir atau ambeian dapat menjadi penyebab perut menjadi buncit. Tanda perrut kembung yang disebabkan karena masalah kesehatan ini adalah munculnya terlalu banyak gas yang dikeluarkan tubuh. Segeralah periksakan kondisi kesehatan ketika gejala tersebut mulai muncul secara berlebihan.

Terlalu banyak garam

Sodium atau garam dapat menjadi sumber penyebab perut kembung. Melansir dari halaman Web MD, terlalu banyak kandungan garam atau sodium pada tubuh akan membuat tubuh menghasilkan lebih banyak garam. Selain itu, kondisi terlalu banyak garam dalam tubuh juga bisa menyebabkan munculnya resiko penyakit darah tinggi. Jika memungkinkan gunakan garam asli dan bukan merupakan produk pabrik, seperti himalayan salt.

Baca Juga: Simak 4 Tips Berolahraga Aman Saat Cuaca Dingin Berikut Ini!

Menstruasi

Para perempuan wajib mengetahui bahwa saat menstruasi, biasanya perut akan terlihat membesar dan kembung daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena adanya hormon PMS yang membuat tubuh para perempuan menyimpan lebih banyak air. Sehingga hasilnya akan menyebabkan perut perempuan terasa kembung saat menjelang menstruasi. Sebisa mungkin jauhi makanan manis, karbohidrat, dan garam untuk mengurangi gejala PMS tersebut.

Konstipasi

Melansir dari halaman Medical News Today, konstipasi juga menjadi penyebab yang dapat membuat perut terasa kembung. Konstipasi pun bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang kurang sehat seperti dehidrasi, kurang mengkonsumsi serat, dan kurangnya nutrisi seperti magnesium. Penyebab lain seperti perubahan diet atau pola makan yang tiba tiba dan stress juga dapat menjadi penyebab perut buncit.

Makan terlalu cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat dapat juga dapat membuat perut menjadi lebih kembung. Hal tersebut disebabkan karena semakin banyaknya udara yang masuk pada saluran usus yang disebabkan karena makan yang terlalu cepat. Hal ini lah yang menyebabkan perut kemudian menjadi kembung. Makan secara perlahan dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga makanan dapat dicerna tubuh dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News