HOME, Bugar

Kenali 5 Manfaat Timun Suri yang Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

 Kenali 5 Manfaat Timun Suri yang Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

MOMSMONEY.ID - Biasanya tiap menjelang bulan Ramadan, banyak dijual dan disajikan sajian minuman berbahan timun suri untuk takjil berbuka puasa.

Buah yang banyak muncul ketika bulan puasa ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan. Tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air

Hal yang paling mengesankan dari nutrisi timun suri adalah kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6. Asam lemak tersebut biasanya terdapat pada produk hewani seperti ikan. 

Buah timun suri juga memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh. Ada baiknya Anda mengonsumsi buah ini sebagai sajian takjil berbuka puasa.

Baca Juga: Hindari Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Dilansir dari Heatlhline, berikut ini adalah beberapa manfaat timun suri yang dikonsumsi saat berbuka puasa, antara lain: 

1. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat timun suri yang dikonsumsi saat berbuka puasa pertama adalah baik untuk kesehatan kulit. 

Timun suri bisa digunakan sebagai masker wajah alami untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda.

Masker buatan sendiri ini direkomendasikan terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kering, karena buah ini baik untuk melembapkan kulit.

2. Mencegah sekaligus mengatasi sembelit

Manfaat timun suri yang dikonsumsi saat berbuka puasa kedua adalah mencegah sekaligus mengatasi sembelit. 

Sama seperti buah lainnya, timun suri mengandung serat. Konsumis cukup serat akan membuat feses jadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh.

3. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Manfaat timun suri yang dikonsumsi saat berbuka puasa ketiga adalah menurunkan risiko berbagai penyakit. Timun suri mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan.

Bahan aktif pada timun suri ini memberi manfaat perlindungan. Mengutip situs Mayo Clinic, antioksidan yang terkandung dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah untuk Berbuka Puasa yang Kaya Nutrisi

4. Mengontrol tekanan darah

Manfaat timun suri yang dikonsumsi saat berbuka puasa keempat adalah bisa mengontrol tekanan darah. 

Buah berair ini memiliki kemampuan mengontrol tekanan darah berkat kandungan potasium dalam jumlah yang baik di dalamnya.

Potasium membantu mengontrol saraf, pembuluh darah, dan kontraksi otot yang selanjutnya memengaruhi tekanan darah. 

5. Menghidrasi tubuh

Manfaat timun suri yang dikonsumsi saat berbuka puasa kelima adalah menghidrasi tubuh. Timun suri memiliki kandungan air yang sangat baik.

Dengan begitu, mengonsumsi timun suri secara teratur bisa mengembalikan hidrasi tubuh, terutama setelah seharian berpuasa. 

Itulah beberapa manfaat timun suri untuk takjil berbuka puasa. Jika mengalami masalah kesehatan selama menjalani puasa, segera hubungi dokter 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News