HOME, Bugar

Kenali 5 Manfaat Roti Gandum Rendah Kalori yang Baik untuk Kesehatan

 Kenali 5 Manfaat Roti Gandum Rendah Kalori yang Baik untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Roti gandum utuh merupakan jenis roti yang terbuat dari tepung yang mengandung seluruh biji gandum, termasuk dedaknya. Jenis roti ini berkandungan gizi lebih banyak dibandingkan roti putih biasa, dikutip dari Mayo Clinic.

Kandungan gizi yang telah disebutkan membuat roti gandum utuh menjadi primadona bagi mereka yang ingin menjalani diet sehat. Dirangkum dari Mayo Clinic dan Web MD, berikut adalah beberapa manfaat roti gandum yang bisa Anda rasakan, seperti:

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

1. Makanan rendah kalori

Berkat kandungan kalori yang rendah, roti gandum utuh cocok dijadikan sebagai makanan pokok untuk diet sehat. Setiap 100 gram roti gandum normalnya mengandung 100 sampai 200 kalori. 

Angka tersebut terbilang cukup sedang dibandingkan dengan makanan pokok lainnya. Selain itu, jenis roti ini memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti asam folat dan kalsium.

2. Menambah asupan zat besi

Dua potong roti gandum dapat menambah 2,5 mg asupan zat besi untuk tubuh Anda. Apalagi, tubuh membutuhkan hampir sekitar 14,8 mg zat besi setiap harinya. 

Zat besi bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah, sehingga oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh. Ini juga sekaligus mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi. 

3. Lebih mengenyangkan

Salah satu alasan mengapa roti gandum sering dijadikan sebagai makanan pokok untuk diet adalah lebih mengenyangkan. Begini, roti gandum kaya akan nutrisi serat yang terbukti membantu merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Baca Juga: Cara Menurunkankan Demam Anak Secara Alami

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat roti gandum lainnya adalah membantu melancarkan pencernaan. Ini karena adanya kandungan serat yang menutrisi sistem pencernaan.

Perannya adalah mempermudah bakteri baik untuk berkembang di dalam usus dan lambung. Untuk itu, proses pencernaan dan buang air besar pun menjadi lebih lancar.

5. Menurunkan risiko penyakit

Roti gandum termasuk jenis makanan tinggi serat. Asupan serat dari makanan terbukti baik untuk membantu mengurangi risiko penyakit dengan menjaga kadar glukosa darah.

Tak hanya itu saja, dalam sebuah studi lainnya ditemukan bahwa konsumsi gandum utuh secara rutin, seperti dari roti, berkaitan dengan penurunan risiko penyakit.

Sebagai contoh, jantung koroner, penyakit jantung, gangguan pernapasan, penyakit menular, diabetes, hingga kanker. 

Saat mengonsumsi roti gandum, sebaiknya hindari penggunaan selai manis atau mentega karena hanya akan menambah lemak. Cukup tambahkan telur untuk menambah asupan protein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News