HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh Mengatasi Batuk Pada Anak Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Batuk pada anak memang sering terjadi, terutama ketika anak sedang flu. Batuk biasanya akan sembuh seiring dengan pulihnya tubuh dari penyakit tersebut.

Untuk meredakan batuk pada anak orangtua bisa mencoba berbagai pengobatan. Mulai dari obat batuk alami sampai obat dari dokter untuk anak.

Sebelum memberikan obat batuk medis, ada baiknya mencoba cara-cara alami untuk mengatasi batuk pada anak. Berikut beberapa cara meredakan batuk pada anak:

Baca Juga: Cara Menurunkankan Demam Anak Secara Alami

1. Beri makanan dingin

Mengutip dari Mayo Clinic, makanan dingin seperti es krim, buah beku, atau camilan dingin lainnya bisa meredakan tenggorokan yang bengkak karena batuk. Es krim juga bisa membuat tenggorokan anak lebih nyaman.

2. Mengonsumsi madu

Madu merupakan salah satu obat batuk alami untuk anak yang cukup populer. Riset yang dilakukan oleh University of North Carolina menunjukkan 90 persen anak-anak dengan gejala batuk yang mengonsumsi madu membaik kondisinya.

Selain kandungannya yang memang ampuh menyembuhkan batuk, madu juga lebih disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis.

3. Hindari pemicu alergi

Bila batuk yang dialami anak disebabkan oleh alergi, sebisa mungkin hindari alergen (pemicu alergi) dari anak. Jagalah kebersihan kasur dan lingkungan rumah.

Pemicu alergi anak pada umumnya, seperti debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan mudah menempel di sofa dan kasur, sehingga menyebabkan anak batuk akibat alerginya kumat.

Baca Juga: Inilah Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

4. Minum air jahe

Meminum jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala batuk pada anak. Berdasarkan data Departemen Farmasi Jazan University, jahe dapat memberikan sensasi hangat pada tenggorokan.

Sensasi hangat tersebut memberi efek melegakan pada tenggorokan yang terasa kering dan otot-otot leher yang menegang akibat batuk kering.

5. Beri anak minum yang banyak

Untuk merawat anak yang sedang batuk, ibu bisa memastikan ia meminum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi. Bagi anak yang masih berusia di bawah 6 bulan, ibu bisa memberikan ASI yang cukup.

Namun, jika anak sudah berusia di atas 6 bulan, berilah ia minum air hangat sedikit demi sedikit, tapi sering. Cara ini cukup membantu untuk mengeluarkan lendir yang mengganggu di dalam tubuh anak, dilansir dari Healthline.

Itulah 5 cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi batuk pada anak.  Bila batuk anak tidak kunjung sembuh, ibu bisa membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News