Bugar

Kenali 5 Manfaat Kandungan Ceramide untuk Wajah Pada Produk Skincare

Kenali 5 Manfaat Kandungan Ceramide untuk Wajah Pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Anda perlu mengenal berbagai manfaat kandungan ceramide untuk wajah. Anda pasti sering mendengar kandungan produk skincare berbahan ceramides. Ceramides biasanya banyak ditemukan pada produk  pelembab dan toner.

Supaya lebih memahami kandungan ini, simak penjelasannya di bawah ini dilansir dari base.co.id dan gramedia.com, yaitu: 

1. Meningkatan dan Mengunci Kelembapan Kulit

Manfaat ceramides pada produk skincare adalah mampu meningkatkan dan mengunci kelembapan kulit. Ternyata fungsi utama dari ceramides bisa mencegah transepidermal water loss (TEWL), atau jumlah air yang menguap dari kulit.

Menurut jurnal dari Journal of drugs in dermatology, ceramides menciptakan sebuah barikade untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit. Skincare yang mengandung bahan ini sangat baik untuk kelembapan kulit Anda. 

2. Mengatasi dan Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Selanjutnya, ceramide juga mampu mengatasi dan mencegah tanda penuaan dini. Bahan ini mampu mengembalikan skin barrier yang rusak, karena dengan skin barrier yang rusak kulit akan kehilangan kelembapan, sehingga mudah muncul tanda-tanda penuaan.

Menurut jurnal dari cell transplantation, penuaan bisa diakibatkan dari faktor internal seperti faktor fisiologi manusia yang tidak dapat dihindari dan faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, asap rokok ataupun polusi udara.

Anda bisa melihat perbedaan penuaan kulit akibat faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal, penuaan kulit dapat dilihat dengan penipisan pada lapisan kulit, kulit kering, dan garis-garis halus sekitar mata, dahi dan mulut.

Sedangkan penuaan dari faktor eksternal ditandai dengan tekstur kulit yang kasar, rapuh, dan keriput yang terlihat jelas.

Kemudian, ceramide bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dari faktor internal maupun ekstrernal dengan memperkuat skin barrier kulit  sehingga memperbaiki struktur kulit agar tetap kencang dan terhidrasi.

Baca Juga: 3 Jenis Deodorant Bisa Jadi Alternatif Pilihan Anda, Tertarik Coba?

3. Mencegah Iritasi

Manfaat ceramide lainnya adalah mencegah iritasi. Melansir dari Journal of drugs in dermatology, ceramide menciptakan sebuah barikade untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit sehingga microorganisme asing tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Sehingga, produk pelembab yang berbahan ceramide bisa memperkuat skin barrier kulit dan meminimalisir iritasi pada kulit.

Untuk itu, pelembap dengan kandungan ceramide juga cocok sebagai perawatan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit dermatitis atopik.

4. Cocok untuk kulit yang sensitif

Umumnya, tipe kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering dan tidak terhidrasi dengan baik, serta sering kali bereaksi pada produk perawatan kulit, terutama yang memiliki kandungan cukup keras.

Salah satu penyebab dari kulit sensitif adalah kurangnya kelembaban. Apabila tidak terhidrasi dengan baik, tentu kulit akan menjadi lebih sensitif. Penggunaan produk skincare dengan kandungan ceramide dapat menjaga kelembaban serta dapat mengurangi sensitivitas kulit.

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin! 5 Buah Ini Ampuh Menurunkan Kolesterol

5. Kandungan yang baik untuk kulit berjerawat

Selain kulit sensitif, ceramide juga cocok digunakan oleh pemilik kulit berjerawat. Jerawat dapat muncul karena disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran melalui produksi minyak yang berlebihan, sehingga dapat menyumbat pori-pori.

Ketika lapisan kulit Anda dalam kondisi yang sehat sekalipun, kemungkinan bakteri masuk dalam lapisan kulit masih dapat tetap terjadi.

Penggunaan produk-produk skincare yang memiliki kandungan ceramide akan melindungi lapisan kulit Anda, sehingga bakteri serta zat-zat asing lainnya tidak akan masuk ke dalam pori-pori dan menyumbat pori hingga menimbulkan jerawat.

Nah, itulah lima manfaat kandungan ceramide untuk wajah yang harus Anda tahu. Mendapatkan kelembapan bisa dari kandungan ceramide, serta cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News