HOME, Bugar

Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

Kenali 5 Manfaat Daun Suji, Bisa Mengatasi Masalah Pernapasan

MOMSMONEY.ID - Daun suji (Dracaena angustifolia) merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing, dan bunganya yang berwarna putih kekuningan.

Selain kaya akan klorofil yang sudah terkenal bermanfaat untuk kesehatan, daun suji juga mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa bioaktif yang terkandung di dalam daun suji antara lain alkaloid, flavonoid, tannin, terpenoid, saponin, polifenol, dan glikosida.

Berdasarkan kandungan di atas, berikut khasiat daun saji yang dapat Anda rasakan sebagai berikut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lebih Glowing

1. Mengatasi masalah pernapasan

Sebagai obat tradisional, air perasan daun suji banyak digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan, terutama batuk. Selain itu, air perasan ini juga dipercaya dapat menyehatkan paru-paru, terutama pada penderita asma dan pasien yang mengalami sesak napas, bahkan penyakit tuberkulosis (TBC).

2. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari konsumsi daun suji adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun suji dapat menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50%. Anda juga akan terlindungi dari banyak penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

3. Menaikkan berat badan

Daun suji bisa meningkatkan nafsu makan. Jadi, untuk Anda yang sedang berusaha untuk menambah berat badan dengan cara yang lebih sehat, cobalah masukkan campuran sari daun ini ke dalam makanan Anda.

Tentu, mengonsumsi daun saji semata tidak akan serta merta memenuhi tujuan tersebut. Anda tetap perlu berolahraga dan bila perlu berkonsultasi ke dokter soal cara menaikkan berat badan yang tepat.

4. Menurunkan risiko preeklampsia

Kandungan magnesium adalah salah satu komponen klorofil yang banyak terdapat pada daun ini. Meskipun Anda tidak mengalami preeklampsia atau eklampsia, konsumsi tanaman ini juga bisa mempercepat penyembuhan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Baca Juga: Kenali Risiko Preeklampsia atau Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

5. Mengobati masalah paru-paru

Menurut Jurnal Widya Biologi, manfaat daun suji untuk kesehatan selanjutnya adalah bahan obat penyakit dalam seperti paru-paru. Caranya adalah ambil sembilan helai daun suji muda, kemudian ditumbuh dan diperas. Air perasannya dicampur dengan air panas sebanyak 1 gelas dan diminum 3 kali sehari.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi daun suji sebagai terapi tambahan untuk kondisi yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan manfaat daun suji dengan aman.

Selanjutnya: 5 Kandungan Nutrisi Ini Justru Harus Dihindari oleh Penderita Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News