HOME, Bugar

Kenali 5 Manfaat Biji Kakao untuk Kesehatan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Biji Kakao untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Biji buah kakao adalah bahan utama pembuatan cokelat. Cokelat hitam (unsweetened dark chocolate) berasal dari biji kakao yang sudah dipanggang dan digiling hingga halus.

Bubuk cokelat (cacao powder) dihasilkan dengan cara meremas lemak kakao dari cokelat hitam. Untuk menjadi cokelat kemasan yang manis, kakao ditambahkan dengan gula, vanili, cocoa butter, dan susu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kakao adalah biji dari buah coklat yang masih mentah dan belum diolah. Biji buah yang mentah ini mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan dengan yang telah diolah. 

Manfaat biji coklat untuk kesehatan ternyata sangat beragam. Tentu, manfaat ini bisa didapatkan apabila biji coklat tidak diolah dengan menambahkan banyak gula dan bahan lain yang tidak sehat.

Biasanya, olahan biji coklat alami seperti cocoa nibs dan biji coklat bubuk merupakan pilihan yang lebih sehat.

Dilansir dari Healthline, berikut ini manfaat biji coklat yang bisa Anda dapatkan dari dua jenis pengolahan sehat tersebut. 

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Mengalami Stres

1. Kaya antioksidan

Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas bisa memicu terjadinya berbagai penyakit di tubuh, karena menyebabkan kerusakan hingga ke dalam sel. Antioksidan juga dapat meredakan peradangan kronis dan berlebih di tubuh . 

2. Memperbaiki fungsi otak

Bubuk pembuat cokelat ini ternyata punya manfaat lain yang tak kalah unik, yaitu untuk menunjang berbagai fungsi otak. Ini karena kandungan senyawa polifenol dalam bubuk kakao bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif dengan cara memperbaiki fungsi otak dan aliran darah dalam tubuh.

Senyawa polifenol mengalir bersama darah menuju ke otak. Proses ini juga melibatkan kerja biokimia sebagai penghasil neuron dan molekul penting guna menunjang fungsi otak. 

Selain itu, polifenol juga dapat memengaruhi produksi nitrit oksida, yang akan melemaskan otot-otot pembuluh darah dan meningkatkan suplai darah untuk otak.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang ada di dalam biji coklat juga dinilai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, biji coklat terbukti dapat melindungi tubuh dari efek membahayakan yang muncul akibat alergi makanan.

4. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa kakao mampu mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi. Ini karena biji coklat mengandung senyawa yang mengandung antibakteri dan senyawa yang mampu merangsang sistem imun untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut.

Selain menjaga kesehatan gigi, kandungan polifenol di dalam kakao juga memberikan efek yang tak kalah berguna. Seseorang yang makan ekstrak kokoa biasanya memiliki peredaran darah di kulit yang lebih lancar. Selain itu, biji cokelat ini juga bisa meningkatkan dan memperbaiki tekstur permukaan kulit serta menjaganya tetap terhidrasi.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan polifenol, salah satu jenis antioksidan yang ada di dalam biji coklat, dianggap baik untuk kesehatan jantung. Pada beberapa penelitian yang sudah dilakukan langsung pada manusia, biji coklat terbukti bisa mengurangi sejumlah faktor risiko penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin, Atasi Anemia sampai Mencegah Kanker

Berbagai penelitian medis di atas memang menunjukkan bahwa kakao memiliki banyak potensi manfaat bagi kesehatan, namun studi dan bukti lebih lanjut masih dibutuhkan untuk menguatkan berbagai klaim tersebut.

Selanjutnya: Manfaat Daun Sirih Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News