HOME, Bugar

Kenali 4 Penyebab Umum Kulit Wajah Keriput

Kenali 4 Penyebab Umum Kulit Wajah Keriput

MOMSMONEY.ID - Keriput adalah salah satu masalah kulit yang dihindari oleh banyak orang. Keriput memberikan tampilan menjadi tua.

Agar bisa mengurangi keriput di usia muda, Anda perlu mengetahui penyebab munculkan keriput di wajah. Melansir dari priveeclinic.id, berikut penyebab umum kulit wajah keriput, yaitu: 

1. Tidak Memakai Sunscreen

Penyebab umum kulit wajah keriput yaitu tidak memakai sunscreen. Sinar matahari terdiri dari UVA dan UVB, yang seluruhnya mampu menembus lapisan terdalam kulit.

Hingga akhirnya kulit mengalami kerusakan, dan muncullah flek hitam, bintik-bintik merah terbakar, kulit kering, hingga hilangnya kelembaban dan elastisitas kulit.

UVA dan UVB tidak hanya mampu menyerang lapisan kulit ketika Anda berada di luar ruangan, melainkan bisa menembus dinding kaca juga.

Jadi, dimana pun Anda beraktifitas, pengoleskan sunscreen harus dilakukan. Selain itu, harus diulangi setiap dua jam sekali, untuk memastikan kult Anda terlindungi dengan sempurna.

2. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab kulit wajah keriput selanjutnya adalah pola makan tidak sehat. Makanan yang dikonsumsi setiap harinya akan berpengaruh ke kondisi tubuh, termasuk kulit.

Hal ini dikarenakan kulit tidak mendapatkan cukup asupan, sehingga mulai mengalami penurunan kualitas.

Mulai kurangi atau hindari makanan dengan jenis gorengan, gula tinggi, junk food, dan kandungan alkohol.

Semua makanan mampu menghambat terjadinya regenerasi kolagen dalam kulit, dan memunculkan guratan keriput.

Anda disarankan untuk mengganti pola makan dengan memperbanyak asupan kacang-kacangan sebagai sumber protein, buah-buahan sebagai sumber vitamin, dan sayuran hijau sebagai sumber serat.

Seluruhnya akan membantu proses pembaharuan lapisan kulit, dan pelepasan kulit mati yang terdapat di permukaan.

Baca Juga: 4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

3. Begadang

Berikutnya, penyebab kulit wajah keriput yaitu begadang. Kurangnya durasi tidur yang berkualitas dampak memberikan efek buruk kepda kulit. 

Ketika waktu malam tiba, kulit mengalami regenerasi sel yang paling aktif. Waktu inilah kulit akan melepaskan lapisan mati yang berada di permukaan.

Selain itu, di malam hari biasanya kulit juga akan aktif dalam melepaskan sebum, yang berfungsi untuk melumasi bagian permukaan kulit agar tidak dehidrasi.

Namun jika waktu krusial ini Anda lalui dengan aktivitas yang padat, maka proses pergantian sel di kulit ini akan terhambat.

Karena itulah, kebiasaan bergadang akan mendatangkan kulit yang keriput, bawah mata yang menghitam, dan tekstur kulit yang kering dan tidak segar.

4. Malas Membersihkan Make Up

Penyebab kulit wajah keriput lainnya adalah malas membersihkan make up. Mulai saat ini Anda harus melawan rasa malas jika ingin memiliki wajah yang sehat dan kenyal. 

Interaksi kulit dengan bahan kimia yang terjadi terus-menerus akan memberikan efek lelah pada lapisan kulit. Efek jangka panjannya kulit akan memunculkan kerutan, flek hitam, dan jerawat. Bersihkanlah riasan dengan teknik double cleansing, untuk menghindari pori-pori kulit yang terendap bahan kimia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News