HOME, Bugar

4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Walaupun telah banyak kandungan skincare yang terjual di pasaran. Namun tetap perlu memperhatikan kandungan skincare yang akan digunakan, hal ini supaya produk skincare dapat bekerja maksimal dan sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, ada beberapa kandungan skincare yang cocok digunakan untuk kondisi kulit yang seperti ini. Agar tidak keliru dalam memilih kandungan skincare, berikut beberapa kandungan skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bisa dipakai dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu: 

Ilustrasi Jerawat

1. Niacinamide

Kandungan skincare yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat adalah Niacinamide. Bahan aktif ini sudah sangat populer ditemukan pada pelembab dan serum. Niacinamide dikenal mampu mengurangi sebum dan minyak pada wajah.

Kandungan ini mampu mengatur kadar sebum, mengecilkan pori-pori serta meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit. Sebaiknya, gunakan produk yang mengandung bahan Niacinamide hanya pada malam hari dan hindari menggabungkan bahan ini dengan vitamin C. 

2. Vitamin C

Kandungan skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah vitamin C. Antioksidan di dalam vitamin C sangat kuat dan dapat melawan radikal bebas yang merusak kulit dan jerawat.

Vitamin C berfungsi untuk mengurangi jerawat, memudarkan flek hitam, mengatasi hiperpigmentasi dan memudarkan bekas jerawat. Anda bisa memakai produk skincare berbahan vitamin C pada pagi dan sore hari. 

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Wajah Cerah dan Awet Muda, Cobain Yuk!

3. Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid juga termasuk kandungan skincare yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. Hyaluronic acid cocok untuk kulit berjerawat karena berfungsi sebagai humektan atau menghidrasi kulit. Penggunaan bahan aktif ini bisa membuat kulit akan lebih terhidrasi dan kenyal.

Hyaluronic Acid juga dapat menghidrasi kulit dari dalam dan mengatasi kekeringan karena kandungan air pada kulit berkurang. Anda bisa menggunakan Hyaluronic Acid untuk perawatan kulit pagi dan sore hari sebagai bahan perawatan kulit untuk kulit berjerawat.  Hyaluronic Acid aman digunakan dengan bahan aktif apapun. 

4. Salicylic Acid

Terakhir, kandungan skincare yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat lainnya yaitu Salicylic Acid. Kandungan ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori, meredakan peradangan dan mengangkat sel kulit mati.

Salicylic Acid untuk jerawat sebaiknya digunakan pada malam hari saja karena kulit akan menjadi lebih sensitif setelah digunakan. Jangan dicampur dengan zat asam lainnya. Selain itu, Anda harus menggunakan tabir surya di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News