HOME, Bugar

4 Cara Mengembalikan Wajah Cerah dan Awet Muda, Cobain Yuk!

4 Cara Mengembalikan Wajah Cerah dan Awet Muda, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Memiliki kulit wajah cerah dan awet mudah adalah impian banyak wanita. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Jika Anda memiliki masalah dengan kulit kusam dan gelap, masih ada cara untuk mengembalikan itu semua.

Beberapa cara di bawah ini tentunya membutuhkan waktu dan kekonsistenan Anda dalam merawat diri. Melansir dari loreal-paris.co.id, inilah cara mengembalikan wajah cerah dan awet muda, yaitu: 

1. Perlindungan dari Sinar UV

Menggunakan sunscreen

Cara mengembalikan wajah cerah dan awet muda pertama adalah perlindungan dari sinar UV. Pentingnya mengaplikasikan sunscreen dengan minimal SPF 30 dan PA+++ untuk kulit wajah sebelum beraktivitas seharian. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskan kembali sunscreen tiap 2 jam sekali saat berada di luar ruangan.  

Paparan sinar UV dari matahari secara langsung adalah musuh terbesar yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sinar UV juga dengan cepat menyebabkan kulit wajah yang tak terlindungi sunscreen menjadi kering, kusam, dan terbakar.

2. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi Wajah

Cara mengembalikan wajah cerah dan awet muda selanjutnya yaitu dengan melakukan eksfoliasi. Penumpukan sel kulit mati menyebabkan kulit wajah keriput dan kusam.

Pada dasarnya, kulit bisa melakukan eksfoliasi secara alami, namun seiring pertambahan usia, kemampuan regenerasi kulit semakin menurun sehingga penumpukan sel kulit mati penyebab kulit kusam pun tak terhindari.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Pilih produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan membersihkan tumpukan sel-sel kulit mati yang menempel di wajah ini, produk skin care lainnya akan lebih mudah menyerap saat diaplikasikan dan memberi hasil yang optimal.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Apel untuk Perawatan Rambut, Sudah Tahu?

3. Menjaga Hidrasi Tubuh

Memakai toner

Hidrasi sangat penting untuk kulit karena tidak membuat kulit kusam dan kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki kadar air yang cukup, baik di lapisan epidermis dan di permukaan, sehingga kulit menjadi lembap, cerah, kenyal, dan bercahaya. 

Cara mengatasi wajah kusam karena dehidrasi adalah dengan menggunakan produk skin care yang mengandung bahan yang dapat menghidrasi kulit wajah.

Kandungan bahan humektan seperti hyaluronic acid bisa menjadi pilihan untuk menghidrasi semua jenis kulit karena kemampuannya dalam menarik air dan lingkungan dan mengikat air di kulit hingga 1.000 kali dari beratnya.

4. Menjaga Pola Hidup Sehat

Ilustrasi diet makanan sehat

Cara mengembalikan wajah cerah dan awet muda lainnya adalah menjaga pola hidup sehat. Selain perawatan dari luar, cara mengatasi wajah kusam juga harus dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Menjaga asupan makanan yang bernutrisi, mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh, rutin berolahraga, berhenti merokok, serta istirahat yang cukup bisa menjadi pendukung untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah, dan muda bercahaya. Menarik untuk dicoba, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News