Bugar

Kenali 4 Manfaat Sauna untuk Tubuh Buat Kulit Awet Muda

Kenali 4 Manfaat Sauna untuk Tubuh Buat Kulit Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Setelah beraktivitas atau berolahraga, Anda bisa coba melakukan sauna. Sauna adalah sebuah ruangan yang bersuhu panas yang digunakan untuk membuang keringat dan membakar kalori tubuh. 

Sauna memiliki manfaat baik buat tubuh jika dilakukan dengan cara tepat. Lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat sauna untuk tubuh dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama sauna untuk tubuh adalah dapat menurunkan berat badan. Selama melakukan sauna, detak jantung akan menjadi lebih cepat dan metabolisme tubuh ikut meningkat.

Beberapa penelitian menyatakan, aktivitas sauna selama 20 menit dengan temperatur 75 derajat Celcius mampu membakar kalori kurang lebih 500. Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet, tidak ada salahnya mencoba sauna. 

Baca Juga: 4 Cara Menerapkan Metode Mindful Skincare yang Menarik Dicoba!

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sauna dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh, lo. Aktivitas sauna dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

Sel darah putih ini memiliki peran penting untuk memerangi bakteri, virus, dan sejumlah benda asing yang masuk ke tubuh manusia.

Hasilnya, tubuh Anda tidak akan mudah sakit bila produksi darah putih dalam tubuh berlangsung optimal.

3. Detoksifikasi tubuh

Manfaat sauna untuk tubuh berikutnya adalah detoksifikasi tubuh. Keringat merupakan zat residu yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

Oleh sebab itu, keringat dalam jumlah banyak setelah aktivitas sauna membantu proses detoksifikasi tubuh secara maksimal.

Sejumlah racun yang berasal dari konsumsi makanan, polusi, dan penyebab lainnya akan keluar dari tubuh bila Anda melakukan sauna secara rutin.

Baca Juga: Hobi Sauna? Ini 5 Sauna Terunik di Dunia yang Perlu Anda Coba

4. Membuat kulit awet muda

Manfaat sauna lainnya adalah membuat awet muda. Penumpukan sel-sel kulit mati akan terjadi setiap bertambahnya usia.

Saat sauna, aliran darah ke seluruh bagian kulit akan lebih lancar dan pertumbuhan sel-sel kulit baru akan segera menggantikan sel kulit mati yang membuat kulit kusam.

Minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit akan diproduksi secara optimal untuk menjaga kelembapan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News