Santai

Hobi Sauna? Ini 5 Sauna Terunik di Dunia yang Perlu Anda Coba

Hobi Sauna? Ini 5 Sauna Terunik di Dunia yang Perlu Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Apakah setelah berolahraga di tempat fitness Anda terbiasa merilekskan badan di ruang sauna? Jika sauna sudah jadi bagian dari hobi, Anda perlu melihat 5 ruang sauna terunik di dunia. 

Melansir Alodokter, sauna adalah ruangan dengan suhu panas dan kering untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar lebih banyak kalori. Sauna juga jadi salah satu cara untuk membuat tubuh rileks.

Laman Architectural Digest menyebutkan, beberapa negara seperti Finlandia memiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada sauna. Di Finlandia, terdapat 3 juta tempat sauna untuk 5,5 juta penduduknya. 

Baca Juga: Apakah Benar Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Sudah Dibuka?

Sauna biasanya terbuat dari bangunan kayu dilengkapi dengan keranjang yang berisi batu panas. Namun, beberapa arsitek dunia berhasil membuat ruang sauna yang berbeda dan unik. 

5 sauna terunik di dunia

1. Sauna Telur Emas atau Solar Egg

Seperti anak ayam berada di cangkang telur, mungkin itu pengalaman yang akan Anda dapatkan di tempat sauna terunik di dunia yang satu ini. 

Tempat Sauna Terunik di Dunia

Solar Egg Sauna dirancang oleh Bigert & Bergstorm pada April 2017.  Bagian luar bangunan ini terbuat dari 69 lempengan emas. Bagian dalamnya, pemanas dibentuk seperti hati manusia. 

2. Sauna_wa

Tempat Sauna Terunik di Dunia

Tempat sauna terunik kedua ini terletak di Seattle, Washington. Duduk diam di sauna ini serasa mengapung di tengah danau. 

Sauna ini dirancang oleh goCstudio. Pembangunannya didanai oleh komunitas lokal setempat dan melalui kampanye patungan. 

3. Sauna semi transparan di tengah danau

Sama-sama mengapung di tengah danau, sauna yang satu ini dirancang semi transparan menyerupai lentera mengapung. Membuat pengalaman sauna Anda jadi lebih menarik dengan pemandangan yang luas. 

Tempat Sauna Terunik di Dunia

Sauna ini terletak di Hardangerfjord, Norwegia. Dirancang oleh Casagrande & Rintala dan dibangun bersama mahasiswa seni Bergen Art Academy. Sauna ini bisa dicapai dengan perahu dayung dan melalui pintu masuk berupa lubang persegi di lantai kayu. 

4. Sauna portable DW Sauna

Bangunan sauna terunik di dunia selanjutnya adalah DW Sauna yang terletak di Aland, Finlandia. Sauna ini memiliki keunikan dibangun di atas papan kereta beroda. 

Tempat Sauna Terunik di Dunia

Sauna yang dibangun oleh Denizen Works ini terletak di daratan, namun bisa dengan mudah dipindahkan ke danau beku tempat orang Skandinavia membuat lubang di permukaan untuk kolam berendam es. 

5. Soria Moria Sauna 

Bangunan sauna terunik selanjutnya adalah Soria Moria Sauna yang terletak di Kanal Telemark, Norwegia. Sauna ini dibangun oleh Feste Landskap/Arkitektur. 

Tempat Sauna Terunik di Dunia

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Cleansing Oil untuk Kulit, Lembab dan Sehat

Sauna ini dibangun berdasarkan ide lereng pegunungan terjal yang mengelilingi Danau Bandak. Teknik bangunan lainnya diambi dari teknik lokal di daerah tersebut. 

Demikian informasi 5 bangunan sauna terunik di dunia. Kira-kira sauna mana yang membuat Anda tertarik ingin mengunjungi?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News