Bugar

Kenali 4 Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit yang Harus Anda Tahu

Kenali 4 Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Jarang diketahui, inilah beberapa manfaat probiotik untuk kecantikan kulit. Probiotik adalah bakteri baik yang ada dalam tubuh.

Probiotik berfungsi untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan ekosistem mikroorganisme hidup (microbiome) tubuh, khususnya pada usus besar, kulit, dan vagina. Probiotik memiliki banyak jenis, namun yang paling umum yaitu Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Sumber probiotik yang paling mudah ditemukan pada yoghurt. Jika ingin mengurangi konsumsi produk susu, Anda juga bisa mencoba makanan hasil fermentasi lainnya seperti kimchi, sauerkraut, atau minuman kombucha.

Namun, kini probiotik bisa Anda dapatkan juga dari suplemen dan produk-produk skincare yang memiliki kandungan probiotik di dalamnya.

Agar lebih memahami, berikut empat manfaat probiotik untuk kecantikan kulit dilansir dari herworld.co.id, yaitu: 

Baca Juga: Simak 4 Cara Mendapatkan Kulit Glowing dengan Bahan Alami

1. Mencegah Penuaan Dini

Pertama, manfaat probiotik untuk kulit adalah dapat mencegah penuaan dini. Penuaan dini disebabkan oleh kurangnya elastisitas dan kelembapan kulit, sehingga diperlukan hidrasi yang cukup baik dari dalam maupun luar kulit. 

Probiotik memaksimalkan penyerapan air dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan hidrasi kulit secara efektif.

Probiotik yang diaplikasikan secara topikal, seperti lactic acid (hasil fermentasi dari bakteri Lactobacillus) membantu mengurangi kerutan, mengencangkan pori-pori, serta mengeksfoliasi kulit kering dan kusam dengan lembut. Selain itu juga bisa memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. 

2. Mengatasi Peradangan

Manfaat probiotik untuk kulit selanjutnya yaitu mengatasi peradangan. Menurut dr. Franziska Ringpfeil, pendiri Ringpfeil Advanced Dermatology di Philadelphia, probiotik memiliki efek menenangkan dan mencegah sistem kekebalan tubuh untuk menyerang mikroorganisme hidup lainnya, sehingga mengurangi risiko inflamasi seperti rosacea, psoriasis, eksim, dan jerawat.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Balikpapan Selama Ramadhan 2023, Cek Daftar Lengkapnya

3. Memperkuat Pertahanan Kulit

Probiotik juga bisa memperkuat pertahanan kulit. Mengurangi risiko infeksi dan memperkuat pertahanan alami kulit dalam melawan bakteri jahat, plusi, dan kerusakan akibat radikal bebas. Selanjutnya, probiotik juga melindungi kulit dari patogen yang dapat mengganggu fungsi normalnya. 

4. Menyehatkan Kulit Kepala

Manfaat probiotik lainnya adalah bisa menyehatkan kulit kepala. Ketika diaplikasikan pada kulit kepala, probiotik dapat membantu menenangkan iritasi sehingga secara tidak langsung menyuburkan pertumbuhan rambut. Anda bisa mencoba menggunakan yoghurt sebagai masker rambut satu sampai dua kali seminggu. 

Sekarang Anda sudah tahu beberapa manfaat probiotik untuk kecantikan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News