Bugar

Kenali 4 Jenis Toner untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

Kenali 4 Jenis Toner untuk Kulit Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Anda harus tahu jenis-jenis toner untuk kulit wajah agar sesuai kondisi kulit.

Toner termasuk basic skincare yang digunakan sehari-hari untuk merawat kesehatan kulit. Toner berfungsi untuk menyegarkan dan merevitalisasi kulit.

Tergantung dari kandungan bahannya, toner biasanya juga diformulasikan untuk mendukung skin barrier.

Agar tidak salah pilih, berikut jenis toner untuk kulit wajah dilansir dari jovee.id, yakni: 

Baca Juga: Wajib Coba, Simak Cara Membuat Lulur dengan Bahan Alami di Rumah

1. Hydrating toner

Jenis pertama toner yang bisa Anda gunakan adalah hydrating toner. Hydrating toner adalah toner yang formulasinya ditujukan untuk menghidrasi, menyegarkan, dan melembapkan kulit.

Selain itu, toner jenis ini dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang saat membersihkan wajah dengan facial wash.

Seperti namanya, hydrating toner tidak mengandung bahan yang bisa membuat kulit kering, seperti alkohol. Sebaliknya, hydrating toner memiliki bahan pelembap seperti humektan, yaitu zat yang mengunci air ke kulit.

Beberapa bahan pelembap yang baik untuk dijadikan hydrating toner antara lain gliserin dan lidah buaya.

2. Exfoliating toner

Jenis toner selanjutnya adalah exfoliating toner. Jenis toner ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Penggunaan exfoliating toner secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan membantu wajah lebih cerah serta bersih.

Dibandingkan dengan physical exfoliant, exfoliating toner biasanya diformulasikan dengan bahan-bahan yang lebih aman dan lembut, yang berbahan dasar acid, seperti AHA, BHA, dan PHA.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Ashy Skin dan Penyebabnya Pada Kulit

3. Treatment toner

Berikutnya, jenis treatment toner dikhususkan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Dalam pemasarannya, treatment toner sering disebut dengan toner penenang, toner pencerah, toner penyeimbang, toner anti-aging, dan sebagainya.

Hal ini karena kandungan bahan aktif yang kuat, fungsi treatment toners lebih dari sekadar menghidrasi kulit.

Sebagai contoh, toner pencerah dengan dengan kandungan vitamin C digunakan untuk menghilangkan perubahan warna.

Lalu, toner penenang dengan ekstrak tumbuhan yang menenangkan digunakan untuk menghilangkan iritasi. Sedang toner anti-aging dengan kandungan antioksidan digunakan untuk menetralkan radikal bebas.

Treatment toners cocok digunakan untuk beragam jenis kulit tergantung bahan aktif yang terkandung. Penggunaannya juga tergantung dengan masalah kulit apa yang akan diatasi seperti pori-pori besar, jaringan parut dan lain-lain. 

4. Clarifying toner

Macam-macam toner lainnya adalah clarifying toner. Jenis toner ini adalah toner yang memiliki fungsi membersihkan dan menyegarkan.

Clarifying toner diformulasikan untuk menghapus minyak, mengencangkan pori-pori, dan mencegah terbentuknya noda.

Adapun cara menggunakannya, clarifying toner perlu dituang ke kapas lalu dioleskan ke seluruh wajah. Area mata perlu dihindari karena kandungan alkoholnya dapat menyebabkan iritasi.

Clarifying toner cocok digunakan untuk jenis kulit berminyak karena sangat membantu dalam menjauhkan minyak. Sedangkan bagi pemilik kulit kering, jenis toner ini kurang cocok karena bisa membuat kulit terlalu kering.

Jadi, itulah macam-macam toner untuk kulit wajah yang harus Anda tahu. Gunakan jenis toner yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News