Bugar

Kenali Ciri-Ciri Ashy Skin dan Penyebabnya Pada Kulit

Kenali Ciri-Ciri Ashy Skin dan Penyebabnya Pada Kulit

MOMSMONEY.ID - Yuk, mengenal ciri-ciri ashy skin dan penyebabnya pada kulit. Ashy skin atawa kulit kering merupakan tanda bahwa kulit sudah kehilangan kelembapannya.

Lebih lengkapnya, simak penjelasan terkait ciri-ciri ashy skin berikut ini, dirangkum dari blog.avoskinbeauty.com! 

Kulit Kering

Pengertian ashy skin

Ashy skin dikenal dengan kulit kering, kondisi saat kulit terlihat kusam dan tidak sehat karena kekurangan air atau kelembapan.

Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor-faktor seperti cuaca yang kering dan dingin, mandi dengan air panas yang terlalu sering, atau menggunakan sabun yang terlalu kering.

Ashy skin juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes, penyakit tiroid, atau penyakit kulit seperti dermatitis.

Berikut lima penyebab ashy skin pada kulit:

  • Dehidrasi: Jika tubuh kekurangan cairan, kulit akan terlihat kering dan terasa kasar.
  • Cuaca: Udara panas dan kering atau udara dingin dan kering dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Pemakaian produk perawatan kulit yang tidak sesuai: Menggunakan produk yang mengandung alkohol tinggi atau produk yang terlalu kuat untuk kulit dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan terasa kasar.
  • Usia: Selama proses penuaan, produksi minyak alami kulit berkurang, sehingga kulit menjadi lebih kering.
  • Kondisi kesehatan: Beberapa penyakit atau kondisi medis, seperti diabetes, hipotiroidisme, dan sindrom Sjogren, dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Baca Juga: Promo Tiket.com 8-14 Mei 2023, Nikmati Diskon Hotel Intiwhiz Indonesia hingga 40%

Ciri-ciri ashy skin 

Anda juga harus memahami ciri-ciri ashy skin pada kulit. Ciri-ciri dari kondisi ashy skin adalah terlihat keputihan atau keabu-abuan, terasa kasar atau bergelombang saat disentuh, dan memiliki garis tipis dan retak, terutama di bagian lutut atau siku.

Ashy skin bisa disertai dengan beberapa masalah kulit lainnya yang tidak hanya terbatas pada kulit yang terlihat kering saja.

Masalah kulit lainnya yang mungkin terjadi bersamaan dengan ashy skin adalah:

  • Gatal-gatal: Kulit yang kering dapat terasa gatal-gatal karena iritasi.
  • Berdarah atau mengelupas: Jika kulit terlalu kering, bisa saja terjadi pecah-pecah kecil atau retak yang dapat menyebabkan kulit berdarah atau mengelupas.
  • Terasa sakit: Jika masalah kulit terasa sakit saat disentuh atau dipakai baju, maka itu bisa menjadi tanda kulit terlalu kering.

Sekarang Anda sudah mengenal ashy skin dan ciri-cirinya pada kulit. Sadari pentingnya merawat kulit tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News