HOME, InvesYuk

Kembali Turun, Ada Apa dengan IHSG?

Kembali Turun, Ada Apa dengan IHSG?

MOMSMONEY.ID - Kembali lunglai, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah di penutupan perdagangan, Kamis (26/8). Berdasarkan data RTI, IHSG turun 55,16 poin atau 0,90% ke level 6.058,08.

Sembilan indeks sektoral menyeret IHSG ke zona merah. Sektor itu merupakan keuangan yang merosot 1,27% hingga tutup pasar. Sektor infrastruktur tergerus 1,16%. Sektor barang baku terjun 1,15%. Sektor transportasi melemah 0,90%. Sektor properti dan real estat turun 0,76%. Sektor barang konsumsi primer melemah 0,72%. Sektor barang konsumsi nonprimer terkoreksi 0,60%. Sektor perindustrian melemah 0,52% dan sektor kesehatan turun 0,24%.

Sementara itu, ada dua sektor yang masih bertahan menguat pada hari ini. Sektor teknologi terangkat 0,19% dan sektor energi menguat tipis 0,01%. Total volume transaksi bursa mencapai 22,33 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 11,19 triliun. Sebanyak 333 saham turun harga. Ada 187 saham menguat dan 136 saham flat.

Baca Juga: Sorgum Hingga Kelor, Nikmatnya Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper Jordan menyebut pelemahan IHSG hari ini disebabkan aksi ambil untung (profit taking) oleh pelaku pasar, setelah IHSG menguat di perdagangan kemarin.

"Selain itu, penurunan IHSG juga dibayangi kekhawatiran pelaku pasar akan pernyataan The Fed dalam simposium Jackson Hole. Dikhawatirkan akan terjadi tapering di Amerika Serikat," ujarnya.

Sebelumnya, malam ini akan ada pertemuan Jackson Hole di Amerika Serikat (AS). Simposium ini akan berisi penjelasan terkait pengurangan pembelian obligasi atau pengetatan likuiditas pasar (tapering) yang akan dilakukan beserta skema ke depannya oleh The Fed. Sembari menanti isi pidato yang disampaikan, Dennies bilang, hal tersebut membayangi pergerakan IHSG hari ini.

Turunnya pamor IHSG juga disebabkan lonjakan kasus covid di beberapa negara Asia. Karena itu, Dennies perkirakan IHSG akan bergerak lemah pada perdagangan besok, Jumat (27/8). Dia menghitung, IHSG akan bergerak di rentang 6.021 sampai 6.106.

Baca Juga: IHSG Tampil Prima Pada Penutupan Perdagangan Rabu (25/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News