Kelebihan Protein dalam Tubuh Tidak Baik. Ini 5 Dampak Negatifnya!

Reporter: Helvana Yulian
Rabu, 22 Juni 2022 | 10:17 WIB
Kelebihan Protein dalam Tubuh Tidak Baik. Ini 5 Dampak Negatifnya!

ILUSTRASI. Dampak Kelebihan Protein dalam Tubuh ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.


MOMSMONEY.ID - Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Banyak manfaat dari protein yang kita dapat jika mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. 

Namun, jika kelebihan protein akan ada risiko yang datang pada tubuh. Pasalnya, dampak kelebihan protein bisa menimbulkan berbagai masalah bagi tubuh. 

Seperti yang dijelaskan Healthline, inilah beberapa dampak kelebihan protein dalam tubuh yang perlu Anda tahu, antara lain: 

Baca Juga: Sederet Gangguan Sistem Reproduksi yang Rentan Menyerang Pria

1. Berat badan naik

Dampak kelebihan protein dalam tubuh yang pertama adalah mengakibatkan kenaikan berat badan. Hal ini dikaitkan dengan diet karena protein mengganti karbohidrat bukan lemak. 

Diet tinggi protein mungkin memang menjanjikan penurunan berat badan. Namun, umumnya kondisi itu hanya berjangka pendek. Kelebihan protein biasanya disimpan sebagai lemak. 

Sementara itu kelebihan asam amino akan keluar dari tubuh lewat proses ekskresi atau pengeluaran ampas hasil metabolisme yang tidak dibutuhkan tubuh.   

2. Sembelit

Dampak kelebihan protein dalam tubuh yang kedua adalah sembelit. Selain jarang mengonsumsi sayur, sembelit juga bisa disebabkan ketika tubuh kelebihan protein. 

Menurut sebuah studi (2003), 40 persen subjek penelitian mengalami konstipasi alias sulit buang air besar karena diet protein tinggi yang membatasi karbohidrat. 

3. Penyakit jantung

Dampak kelebihan protein dalam tubuh yang ketiga adalah menyebabkan penyakit jantung. Hal ini dikaitkan dengan asupan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih tinggi.  

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan susu berlemak tinggi yang merupakan bagian menu dari program diet protein tinggi, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: Pengidap Insomnia Wajib Tahu! Ini 5 Cara Ampuh agar Bisa Cepat Tidur

4. Bau mulut

Dampak kelebihan protein dalam tubuh yang keempat adalah mengakibatkan bau mulut. Risiko ini terjadi terutama saat tubuh membatasi asupan karbohidrat. 

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau mulut akibat kelebihan protein, seperti minum banyak air putih, menyikat gigi lebih sering, atau mengunyah permen karet. 

5. Dehidrasi

Dampak kelebihan protein dalam tubuh yang kelima adalah mengakibatkan dehidrasi. Tentunya nitrogen yang merupakan zat sampingan juga bisa masuk ke dalam tubuh. 

Jika level nitrogen dalam tubuh cukup tinggi, tubuh akan mengeluarkannya secara otomatis melalui cairan, sehingga tubuh butuh lebih banyak air. 

Inilah beberapa dampak kelebihan protein dalam tubuh yang perlu Anda ketahui. Konsumsi protein secara cukup untuk tubuh agar bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER