HOME, Bugar

Sederet Gangguan Sistem Reproduksi yang Rentan Menyerang Pria

Sederet Gangguan Sistem Reproduksi yang Rentan Menyerang Pria

MOMSMONEY.ID - Ada berbagai macam gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria dan kerap tidak disadari. 

Para pria sudah seharusnya mewaspadai gangguan-gangguan tersebut karena kemunculannya bisa memicu gangguan kesuburan, atau yang lebih parahnya lagi, kematian. 

Beberapa gangguan sistem reproduksi bahkan dapat mengganggu kesuburan. Maka itu, penting untuk mengetahui apa saja gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria.  

Baca Juga: Selain Menyegarkan, Inilah 5 Manfaat Jus Tomat untuk Meredakan Berbagai Penyakit

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria, antara lain: 

1. Gangguan sistem reproduksi varikokel

Gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria pertama adalah varikokel. Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah vena, alias varises, pada skrotum (kantung testis). 

Penyakit varikokel dapat menyebabkan kualitas dan produksi sperma menurun. Kondisi ini juga mungkin memicu penyusutan ukuran testis, sehingga penting untuk ditangani. 

2. Gangguan sistem reproduksi prostatitis  

Gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria kedua adalah prostatitis. Prostat merupakan kelenjar kecil yang berfungsi untuk membantu produksi air mani pada tubuh. 

Kelenjar prostat sendiri terletak tepat di bawah kandung kemih pada depan rektum. Perlu diketahui bahwa seiring bertambahnya usia, kelenjar prostat akan semakin membesar. 

3. Gangguan sistem reproduksi disfungsi ereksi

Gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria ketiga adalah disfungsi ereksi. Kondisi ini bisa menyebabkan stres dan turunnya rasa percaya diri pada pria.

Disfungsi ereksi atau impotensi adalah kondisi ketidakmampuan penis untuk mempertahankan ereksi saat berhubungan seks. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Blueberry untuk Tumbuh Kembang Anak

4. Gangguan sistem reproduksi hipogonadisme

Gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria keempat adalah hipogonadisme. Hipogonadisme merupakan kondisi di mana tubuh tidak menghasilkan cukup hormon testosteron. 

Jika hipogonadisme menyerang pria dewasa, gangguan tersebut dapat menyebabkan berbagai gangguan sistem reproduksi sebagai gejalanya. 

Misalnya seperti gangguan produksi sperma, penurunan libido, penurunan fungsi organ reproduksi, hingga infertilitas atau kemandulan. 

5. Gangguan sistem reproduksi balanitis

Gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria terakhir adalah balantis. Balanitis adalah peradangan kelenjar atau kepala penis. 

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh infeksi jamur namun dapat juga terjadi akibat infeksi bakteri maupun virus. Pria yang tidak disunat lebih mungkin mengalaminya. 

Itulah beberapa gangguan sistem reproduksi yang rentan menyerang pria. Beberapa gangguan tersebut tentunya tidak dapat disepelekan dan perlu mendapatkan penanganan sedari awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News