HOME, Keluarga

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap, Yuk Cari Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Setrika Uap, Yuk Cari Tahu!

MOMSMONEY.ID - Selain setrika kering yang sudah umum digunakan di rumah-rumah Indonesia, ada jenis setrika uap yang bisa menjadi alternatif.

Penggunaannya yang cenderung lebih praktis daripada setrika biasa membuat setrika uap banyak digemari.

Apakah Anda tertarik mencoba menggunakan setrika uap? Sebelum buru-buru membeli, lebih baik pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan jenis setrika yang satu ini sehingga tidak menyesal setelah membelinya.

Dilansir dari condrou.com dan crompton.co.in, berikut kelebihan dan kekurangan setrika uap yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Bikin Boros Listrik Tanpa Disadari, Pernah Melakukannya?

Apa itu setrika uap?

Seperti setrika biasa, setrika uap berfungsi untuk menghaluskan pakaian atau kain yang berkerut.

Tidak seperti setrika biasa yang menghaluskan pakaian dengan cara menggosokkan pelat besi di permukaan pakaian, setrika uap bekerja dengan cara memproduksi uap panas untuk menghaluskan pakaian.

Cara kerjanya, pelat besi yang berada di dalam setrika uap memproduksi panas. Ketika tangki air dalam setrika meneteskan airnya ke atas pelat, pelat tersebut akan menghasilkan uap yang bisa digunakan untuk menghaluskan pakaian yang berkerut.

Kelebihan setrika uap

Apa saja kelebihan setrika uap?

  • Dapat melembutkan dan menghaluskan pakaian seperti setrika biasa sehingga pakaian terlihat halus dan rapi.
  • Lebih efisien secara waktu dibandingkan setrika biasa. Setrika uap bisa menghaluskan pakaian dalam waktu singkat, sehingga cocok digunakan untuk mereka yang cenderung suka terburu-buru.
  • Tidak memerlukan meja khusus untuk menyetrika. Pakaian atau kain yang ingin dihaluskan bisa digantung begitu saja, kemudian haluskan dengan setrika uap sambil berdiri. Cocok untuk menyetrika kain seperti tirai atau gorden.
  • Lebih aman digunakan. Sebagian besar setrika uap memiliki fungsi mati otomatis, sehingga tidak berbahaya jika tidak sengaja tertinggal dalam keadaan menyala.
  • Lebih tahan lama. Perawatan setrika uap tergolong mudah, hanya perlu mengelap permukaannya dan mengosongkan tangki air secara berkala.

Baca Juga: Mau Pesta BBQ Saat Tahun Baru? Alat Masak Ini Wajib Tersedia

Kekurangan setrika uap

Di balik semua kelebihan yang dimiliki setrika uap, tentu ada beberapa kekurangan yang dimiliki setrika uap yang patut menjadi bahan pertimbangan.

Berikut beberapa kekurangan dari setrika uap:

  • Tidak bisa digunakan untuk semua jenis kain. Setrika uap cenderung sulit digunakan pada jenis kain yang tebal dan berat karena uapnya tidak cukup kuat untuk menghilangkan kerutan pada kain tersebut.
  • Harus terus-terusan mengisi tangki air. Setrika uap membutuhkan air untuk memproduksi uap, sehingga tangki air harus diisi ulang secara berkala. Solusinya, siapkan cadangan air dalam jumlah yang cukup sehingga proses isi ulang air dalam tangki jadi lebih mudah.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan dari setrika uap. Bagaimana, apakah Anda semakin mantap untuk mencoba setrika uap? Jangan lupa, pertimbangkan dengan baik-baik, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News