Keluarga

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit, Cari Tahu Yuk!

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Dari berbagai pilihan material yang tersedia untuk dijadikan lantai suatu hunian, granit termasuk salah satu yang cukup populer. Material yang berasal dari bebatuan alam ini terkenal dengan motifnya yang berbintik-bintik.

Selain itu, granit memiliki keunggulan utama berupa tampilannya yang elegan, sehingga ampuh membuat hunian terlihat mewah secara instan.

Namun, di balik semua keunggulan yang ditawarkan oleh lantai granit, ada pula beberapa kekurangan tertentu dari jenis lantai ini yang perlu diperhatikan. Jadi, Anda tak akan salah memilih nantinya.

Dirangkum dari laman Floor Coverings International, Express Flooring, dan Home Reference, berikut kelebihan dan kekurangan lantai granit yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 6 Trik Membuat Kegiatan Bersih-Bersih Rumah Lebih Menyenangkan

Kelebihan lantai granit

Tampilannya elegan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu kelebihan lantai granit adalah memiliki tampilan yang elegan, sehingga bisa menjadi alternatif lantai marmer. Pilihan warnanya pun beragam, sehingga Anda tinggal memilih lantai granit seperti apa yang sesuai dengan selera.

Durabilitas tinggi

Dibandingkan dengan marmer yang mudah tergores, lantai granit memiliki durabilitas atau daya tahan yang cenderung lebih tinggi. Jadi, lantai granit cocok digunakan pada area rumah yang sering dilalui karena tidak mudah rusak.

Perawatannya mudah

Granit termasuk material yang mudah dirawat. Hampir sama seperti lantai keramik, Anda cukup menyapu dan mengepel lantai granit secara rutin. Hanya saja, Anda perlu memberi sealant atau cairan pelapis pada lantai granit minimal setahun sekali supaya terlindungi dari air dan kelembapan.

Baca Juga: Mau Pakai Lantai Marmer di Rumah? Pahami Plus dan Minusnya, Yuk!

Kekurangan lantai granit

Harganya cenderung mahal

Granit termasuk material yang harganya tidak murah. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan dan menghitung budget yang dimiliki jika menginginkan jenis lantai ini sehingga pengeluaran tidak mendadak jebol.

Permukaannya licin

Jika Anda tinggal bersama anak kecil atau lansia di dalam rumah, lebih baik pertimbangkan kembali keinginan untuk menggunakan lantai granit. Sebab, lantai granit memiliki permukaan yang halus dan licin, sehingga kaki yang menginjaknya cenderung mudah tergelincir.

Pemasangannya tergolong sulit

Dari segi pemasangan, granit tergolong bahan yang sulit dipasang dan tidak disarankan untuk menggunakan granit pada proyek do-it-yourself atau DIY. Jadi, pastikan Anda menyewa jasa profesional yang paham cara memasang lantai granit.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan lantai granit yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News