HOME, Santai

Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memperburuk Anxiety, Yuk Cari Tahu

Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memperburuk Anxiety, Yuk Cari Tahu

MOMSMONEY.ID - Anxiety atau kekhawatiran berlebihan yang terjadi secara terus menerus. Melansir dari halaman Health Line, anxiety adalah respon alami tubuh terhadap stres. Namun jika anxiety terjadi secara terus menerus lebih dari enam bulan maka bantuan dari ahli tentu saja dibutuhkan.

Laman Health Shots menyatakan, bahwa gejala anxiety yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda. Yang tentu saja memiliki treatment pengobatan yang berbeda pula. 

Penyebab terjadinya anxiety bagi setiap orang juga berbeda-beda. Namun ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa memperburuk anxiety. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Simak Kiat Menjaga Imun Tubuh Selama Pandemi, Sudah Anda Lakukan?

Terlalu banyak konsumsi caffeine

Menurut laman Bustle, terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat mengakibatkan timbulnya gejala anxiety seperti meningkatnya laju detak jantung, mudah merasa lemas, berkeringat, gugup, dan pusing.

Jika Anda memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi kopi, konsumsi maksimal dua kali sehari. Namun jika memungkingkan, ubah kopi Anda menjadi kopi decaf yang memiliki kadar kafein lebih rendah. 

Kurangnya jam tidur

Memiliki jam tidur yang kurang dapat menjadi pemicu yang memperparah anxiety. Bukan hanya itu, kurangnya jam tidur juga membuat berkurangnya kemampuan Anda untuk menghadapi kecemasan atau permasalahan yang bisa memperburuk anxiety. 

Baca Juga: Mengenal Burnout, Kondisi Lelah Mental yang Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Cobalah untuk memiliki rutinitas tidur yang ideal. Yakni tidur 8 jam sehari dan lakukan hal-hal yang menenangkan diri Anda untuk mempersiapkan diri sebelum tidur. Dengan begitu, kualitas tidur akan meningkat.

Melewatkan waktu makan

Dengan kesibukan yang semakin padat, bukan berarti Anda harus mengesampingkan waktu makan Anda. Melewatkan waktu makan dapat memperparah rasa cemas atau anxiety.

Menurunnya kadar gula dalam tubuh dapat membuat Anda menjadi lebih sensitif, mudah terpancing amarah, dan mudah cemas.

Maka dari itu, gunakan waktu luang yang Anda miliki dengan mengkonsumsi makanan. Baik itu makanan berat atau snack. Pastikan makanan yang Anda makan penuh dengan nutrisi dan vitamin.

Bermain sosial media terlalu lama

Sosial media menjadi tempat yang paling sering menciptakan atau memicu munculnya anxiety. Mudah membuat orang merasa insecure, minder, dan membandingkan diri dengan orang lain adalah kebiasaan buruk yang sering terjadi jika terlalu lama bermain sosial media.

Batasilah waktu bermain sosial media Anda. Berilah waktu bagi tubuh dan pikiran Anda untuk beristirahat dari persaingan yang terjadi secara online maupun offline agar anxiety dapat teredam.

Selanjutnya: 4 Gaya Parenting yang Perlu Orangtua Tahu. Moms yang Mana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News