HOME, Santai

Mengenal Burnout, Kondisi Lelah Mental yang Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Mengenal Burnout, Kondisi Lelah Mental yang Bisa Ganggu Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Banyaknya tekanan yang kerap dirasakan bertubi-tubi ternyata bisa membuat pikiran dan kesehatan mental berada pada kondisi burnout. Burnout dapat membuat membuat seseorang merasa lelah yang berlebihan, kosong, dan kesusahan dalam menyelesaikan permasalahannya.

Burnout dapat juga terjadi karena stress yang berlebihan. Stress yang menumpuk dan tidak berkesudahan akan membuat hilangnya motivasi dalam melakukan kegiatan karena rasa kewalahan dan terkurasnya emosi. Burnout sendiri dapat berpengaruh dalam segala hal di kehidupan. Seperti dalam pekerjaan, gaya hidup, maupun personaliti Anda.

Tanda-tanda Anda mengalami burnout bisa dibagi menjadi tiga menurut laman Help Guide, yaitu physical, emotional, dan behavior. Untuk itu mari ketahui 3 tanda ini yang mengindikasikan Anda sedang dalam fase burnout.

Baca Juga: Yuk, Kenali Fenomena Ghosting yang Bisa Mempengaruhi Kesehatan Mental

Tanda fisik

Physical sign yang mengindikasikan Anda mengalami burnout adalah mudah merasa lelah, imunitas menurut dan mudah terserang penyakit, perubahan pola makan dan pola tidur. Memiliki nafsu makan yang tidak terkontrol dan tidak sehat juga merupakan tanda fisik dari burnout.

Tanda emosional

Emotional sign dalam fase ini memiliki peran yang sangat krusial. Karena burnout merupakan kondisi dimana emosi Anda dengan mudah terkuras. Mood swing, merasa mudah tersinggung, kurangnya motivasi, hingga mudah mengalami rasa cemas adalah emosi yang kerap melanda orang dalam fase ini. 

Selain itu, rasa kegagalan dan ragu akan diri sendiri juga merupakan tanda emosional dari burnout. Dalam fase ini bersyukur merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan karena yang terlihat hanyalah pikiran terperangkap dan negatif terhadap diri sendiri.

Baca Juga: Anda Sedang Merasa Sedih? Coba Cara Ini Agar Bisa Kembali Bahagia

Tanda perilaku

Tanda perilaku atau behavioral sign dari burnout antara lain adalah, mengisolasi diri dari lingkungan luar, menjauhi tanggung jawab, dan suka menunda pekerjaan. Lebih suka untuk mengisolasi diri dari dunia luar bisa menjadi pertanda burnout. Karena merasa dunia merupakan tempat yang kejam.

Burnout dapat menjadi masalah yang serius jika tidak diselesaikan dengan segera karena burnout berbeda dengan stress. Burnout dapat membawa pada depresi jika dibiarkan begitu saja karena terkurasnya emosi Anda.

Berbicara dengan orang terdekat, mengurangi akses atau hubungan dengan orang-orang dan lingkungan yang negatif, menemukan teman baru, maupun mengambil waktu untuk beristirahat dari kegiatan sehari-hari dapat Anda lakukan untuk membantu Anda keluar dari fase burnout ini.

Selanjutnya: Produk Kecantikan Viral Asal Thailand, Ada Yang Sudah Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News