HOME, Bugar

Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Nona untuk Kecantikan Kulit

Kaya Antioksidan, Inilah Manfaat Buah Nona untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Buah nona mirip seperti buah srikaya tetapi jika dilihat dari klasifikasinya buah ini berbeda. Buah nona (Annona reticulata) masih dalam satu famili dengan srikaya (Annona squamosa) dan buah sirsak (Annona muricate). Perbedaan antara buah nona dan srikaya yaitu terletak pada warna kulit luar buah.

Buah nona memiliki warna kulit bewarna merah, sedangkan srikaya berwarna hijau. Sehingga buah nona dikenal dengan nama srikaya merah. Buah nona kaya akan antioksidan, kandungan vitamin C dan vitamin E  yang tinggi. Vitamin C pada buah nona mampu mencerahkan kulit dan mengoptimalkan produksi kolagen dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin E nya untuk meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini. Walaupun buah nona memiliki rasa yang tidak enak dan jarang ditemukan, ada banyak manfaat buah nona untuk kecantikan kulit. Melansir dari manfaat.co.id, berikut penjelasannya, yaitu:

1. Mengoptimalkan produksi kolagen

Seperti yang telah dijelaskan bahwa buah nona kaya akan vitamin C dan vitamin E. Vitamin tersebut dapat meningkatkan kolagen alami dalam kulit. Kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit, membuat kulit menjadi elastis dan terlihat lebih glowing. 

Semakin bertambah usia, tubuh akan kesulitan untuk menghasilkan kolagen yang cukup sehingga beberapa tanda penuaan dini akan mulai terlihat. Vitamin C seperti yang sudah disebutkan di atas memiliki fungsi utama untuk mengoptimalkan produksi kolagen.

Baca Juga: Tanpa Kubu! Berikut Ini Drama Korea Tanpa Kisah Cinta Segitiga

2. Mencerahkan kulit

Manfaat buah nona untuk kecantikan kulit lainnya yaitu dapat mencerahkan kulit. Buah nona termasuk jenis buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Mengkonsumsi buah ini secara teratur mungkin tidak akan membuat kulit cerah secara otomatis namun setidaknya akan membuat kulit terlihat lebih segar dan lebih muda sehingga otomatis akan terlihat lebih cerah.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan  E pada buah nona tentunya dapat mencegah penuaan dini. Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan dan meremajakan kulit. Sehingga dapat terhindar dari terjadinya penuaan dini seperti kerutan dan bintik hitam, menghalau efek buruk radikal bebas serta mengurangi risiko terjadinya kanker pada kulit. 

4. Merawat kulit dari dalam

Manfaat buah nona lainnya yaitu merawat kulit dari dalam. Merawat kulit dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya nutrisi untuk kesehatan kulit salah satunya buah nona. Sehingga anda tidak hanya merawat kulit dari luar saja tetapi dari dalam pun penting. 

5. Mengatasi infeksi pada kulit

Manfaat buah nona untuk kecantikan kulit terakhir adalah mengatasi infeksi pada kulit. Buah nona dipercaya mampu mengatasi infeksi pada kulit seperti jerawat atau bisul. Cukup dengan mengoleskan buah nona yang sudah dicampur dengan garam maka kandungan antibakterinya akan bekerja secara alami mengatasi infeksi pada kulit.

Itulah manfaat buah nona untuk kecantikan kulit. Walaupun buah nona jarang diketahui orang-orang ternyata memiliki banyak manfaatnya ya, moms.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi Peeling Serum Lokal dengan Harga Terjangkau, Cobain Yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News