HOME, Bugar

Kaya Akan Vitamin C, Ketahui Manfaat Buah Berry Untuk Perawatan Kulit

Kaya Akan Vitamin C, Ketahui Manfaat Buah Berry Untuk Perawatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Apakah anda penikmat buah berry, moms? Buah berry adalah buah yang memiliki rasa manis dan asem, berukuran kecil dan banyak warna. Buah berry seperti yang pernah anda temukan seperti strawberry, blueberry, raspberry, cranberry dan blackberry. 

Buah berry mempunyai kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin E, serat dan lain-lain. Berkat kandungan yang dimilikinya, kini buah berry menjadi bahan utama produk skincare wajah dan tubuh. Vitamin C bisa membuat kulit menjadi cerah dan sehat. Selain bahan utama produk skincare, buah berry juga enak dikonsumsi secara langsung. 

Agar anda mengenal buah berry lebih jauh, berikut kandungan dan manfaat buah-buahan berry yang bagus untuk perawatan kulit dilansir dari dermeva.com, yaitu:

1. Strawberry

Buah Stroberi

Buah berry pertama adalah strawberry, siapa yang tidak mengenal buah yang cantik ini. Strawberry memiliki kadar vitamin C yang tinggi, membantu pemeliharaan dan pembentukan jaringan kolagen.

Strawberry juga memiliki zat anthocyanin, mangan dan serat. Selain itu, strawberry mampu memperbaiki flek hitam di kulit, kaya akan anti-oksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. 

Anda dapat membuat masker strawberry sendiri di rumah dengan cara balurkan parutan strawberry yang telah dicuci bersih ke seluruh permukaan kulit wajah dan leher seraya digosok perlahan.

Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air  bersih. Jika anda rutin melakukan cara ini minimal tiga hari sekali, maka dipercaya dapat mencerahkan kulit kusam, serta mengurangi flek hitam di wajah secara perlahan.

2. Blueberry

Blueberry

Selanjutnya blueberry, buah ini mengandung vitamin B6, vitamin K, zat gizi anthocyanin serta serat yang tinggi. Dengan anti-oksidan yang tinggi blueberry sangat cocok untuk mengatasi kulit kering dan kusam.

Anda dapat membuat masker dari campuran yogurt dan blueberry yang sudah dihaluskan. Oleskan pada wajah dan biarkan beberapa menit. Kemudain, bilas dengan air dingin dan keringkan.

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Rutinitas Skincare yang Sering Terjadi, Bisa Bikin Kulit Rusak!

3. Raspberry

Raspberry

Raspberry termasuk ke dalam buah berry-berryan. Raspberry kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi munculnya garis halus, kerutan, serta bintik penuaan.

Selain itu, vitamin C mampu meningkatkan produksi kolagen yang berarti membantu mempertahankan cerah alami kulit. Raspberry sangat cocok untuk perawatan kulit wajah mencegah tanda-tanda penuaan dini.

4. Cranberry

Cranberry

Buah berry selanjutnya adalah cranberry. Cranberry mengandung flavonoid yang mampu menangkal radikal bebas dan berbahaya bagi tubuh. Selain itu, cranberry juga mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, serta phenolic acid. Cranberry memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu membuat kulit tampak bersinar dan kenyal.

Anda dapat membuat masker wajah dari cranberry, caranya sangat mudah yaitu ambil beberapa jus cranberry dan campurkan dengan yogurt. Oleskan masker pada wajah sambil dipijat lembut. Lalu, bilas dengan air dingin dan keringkan.

5. Blackberry

Blackberry

Buah berry lainnya yaitu Blackberry. Blackberry mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk tulang. Selain itu, Blackberry juga memiliki kandungan vitamin E, vitamin K dan vitamin C yang tinggi. Jika anda memiliki blackberry di rumah, anda bisa membuat masker dari bahan ini.

Caranya tidak sulit yaitu siapkan satu genggang blackberry, yoghurt, dan madu sebanyak satu sendok makan. Haluskan dengan blender dan oleskan semua bahan yang sudah tercampur. Diamkan selama sekitar 15 menit lalu bersihkan dengan air bersih. 

Selanjutnya: Inilah 3 Cara Menghabiskan Produk Skincare yang Tidak Cocok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News