HOME, Bugar

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tauge untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Tauge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi dan menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan pria. 

Kandungan beta karoten 100 gram toge juga dapat mencapai 41 mkg, vitamin C sebanyak 5 mg, dan vitamin E sebanyak 0,5 mg. Selain itu, 100 gram toge juga mengandung 133 mg kalsium dan 100 gram kalium. 

Berbagai vitamin dan mineral dalam tauge membuat sayuran ini dapat menjadi salah satu makanan tambahan untuk melengkapi gizi harian kamu. Agar kesehatan organ reproduksi pria senantiasa terjaga, pria disarankan banyak mengonsumsi tauge. Namun bukan hanya kesehatan reproduksi pria, toge juga punya banyak manfaat lainnya buat kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat tauge yang baik untuk kesehatan tubuh.  

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

1. Meminimalisir risiko kanker penis 

Penyakit kanker pada pria yang juga kemungkinan dapat diminimalisir risikonya berkat "bantuan" antioksidan pada toge adalah kanker penis. Kanker penis memang termasuk penyakit yang jarang terjadi. Namun, Anda juga tetap harus waspada dan antisipatif terhadap penyakit reproduksi pria yang satu ini.  

2. Memelihara kesehatan mata

Folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi penting yang terdapat di dalam tauge. Dari nutrisi ini, tauge bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Sebuah pengujian menemukan bila folat beserta vitamin B6 dan B12 dapat membantu meminimalkan berkurangnya fungsi makula mata atau yang lebih dikenal dengan penyakit AMD (age-related macular degeneration), dikutip Healthline. 

3. Membantu mencegah kebotakan

Manfaat lain dari tauge adalah membantu mencegah kebotakan. Vitamin A bekerja dengan cara merangsang folikel rambut hingga mampu menumbuhkan rambut secara cepat. Seperti diketahui, kebotakan pada rambut salah satunya disebabkan oleh kekurangan vitamin A.  

4. Meningkatkan metabolisme

Tauge mengandung enzim yang sangat berguna dalam proses metabolisme tubuh. Tauge ini juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi kimia dalam tubuh dengan lebih optimal. Tauge juga sangat dianjurkan untuk vegetarian karena dapat menjadi sumber alternatif protein yang umumnya terdapat di dalam daging.  

5. Mengurangi risiko jantung koroner

Vitamin K punya peran krusial dalam mencegah penyumbatan darah, salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. Manfaat tauge berikutnya adalah memastikan asupan vitamin K tercukupi sehingga tidak ada celah penumpukan kalsium di dalam tubuh yang mana hal ini bisa berdmapak negatif bagi kesehatan.  

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Petai untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah kandungan nutrisi dan manfaat tauge untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan. Anda bisa mengonsumsi tauge secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya, asalkan dikonsumsi secara wajar dan jangan berlebihan. 

Selanjutnya: Penyakit cantengan: Gejala, Penyebab dan Cara Penanganannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News