KAI Daop 1 Jakarta Buka Layanan Antigen di Stasiun, Ini Tempat dan Jadwalnya!

KAI Daop 1 Jakarta Buka Layanan Antigen di Stasiun, Ini Tempat dan Jadwalnya!

MOMSMONEY.ID - Aturan baru untuk perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) sudah diberlakukan sejak Minggu (17/7). Dengan aturan tersebut, penumpang KAJJ berusia di atas 17 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi ketiga (booster) wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang masih berlaku pada saat boarding.

PT KAI Daop 1 Jakata sudah menyediakan layanan antigen di stasiun untuk mendukung kebijakan baru ini. Namun, KAI Daop 1 Jakarta meningkatkan layanan antigen ini, yang sebelumnya layanan antigen baru tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar senen.

"Mulai Minggu 17 Juli 2022 Daop 1 Jakarta menambah 4 lokasi layanan antigen di Stasiun Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mencegah Dampak Buruk Polusi Udara di Rumah

Berikut ini jadwal layanan operasional di stasiun:

-Stasiun Gambir mulai pukul 06.00-22.00 WIB
-Stasiun Pasar Senen mulai pukul 05.00-22.00 WIB
-Stasiun  Bekasi mulai pukul 08.00-18.00 WIB
-Stasiun Cikarang mulai pukul 07.00-17.00 WIB
-Stasiun Karawang mulai pukul 08.00-17.00 WIB
-Stasiun Cikampek mulai pukul 07.00-13.00 WIB dan pukul 17.00-23.00 WIB

Eva mengatakan, masyarakat khususnya calon pengguna yang akan melakukan antigen di stasiun wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP. Adapun layanan antigen di stasiun Gambir dan Pasar Senen memiliki tarif Rp 35.000 dan untuk perjalanan KA bukti antigen berlaku 1x24 jam.

Perlu diingat, jika pada saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan dan bea tiket akan dikembalikan 100% secara tunai. Proses pengembalian akan dibantu oleh petugas.

Calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan KA pun disarankan agar dapat mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun untuk menghindari resiko tertinggal KA, mengingat proses antigen membutuhkan waktu.

Tak hanya layanan antigen, ada juga layanan Vaksinasi di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

Masyarakat khususnya calon pengguna yang akan melakukan vaksin di stasiun wajib membawa kartu identitas KTP atau Kartu Keluarga bagi anak usia di bawah 17 tahun. Adapun layanan vaksin di stasiun tersedia untuk jenis vaksin Pfizer dan Sinovac.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News