Santai

Kabar Duka Pesepakbola Brasil Pele Meninggal Dunia, Begini Kondisi Terakhirnya

Kabar Duka Pesepakbola Brasil Pele Meninggal Dunia, Begini Kondisi Terakhirnya

MOMSMONEY.ID - Kely Nascimento, anak dari legenda pesepakbola Brasil, Pele, menyampaikan sang ayah telah meninggal dunia. Kabar ini dia sampaikan sekitar pukul 02:00 dini hari waktu Indonesia bagian barat. Pele mengembuskan nafas terakhir di usia 82 tahun.

Sebelum meninggal dunia, Pele masih aktif membagikan beberapa foto di akun Instagramnya. Bahkan, Pele sempat memberi selamat kepada Lionel Messi, Kylian Mbappe, dan Neymar Jr. 

Pemain yang berhasil membawa Brasil juara 3 kali di Piala Dunia ini sempat memberi semangat pada Neymar Jr. Saat Brasil kalah, Neymar justru mencetak rekor yang setara dengan Pele.

Dia berpesan kepada Neymar untuk tetap menginspirasi banyak orang, sebab itu adalah tanggung jawab paling besar dari seorang atlet. 

Baca Juga: RIP Pele, Ini 6 Film Sepak Bola Terbaik Ada Film Dokumenter Pele

Pele memberikan selamat kepada Lionel Messi karena akhirnya mengangkat trofi Piala Dunia pertamanya. Ia juga memberi selamat kepada Kylian Mbappe yang berhasil mencetak 4 gol di laga final Piala Dunia 2022.

Pele pun tak lupa memberikan selamat kepada Maroko sebagai negara Afrika pertama yang lolos semifinal Piala Dunia 2022. 

Namun, sebelumnya Pele memang dikabarkan tengah berjuang melawan penyakitnya di rumah sakit. Pele bahkan menghabiskan perayaan Natal di rumah sakit. 

Sang anak melalui Instagram dengan akun @iamkelynascimento juga sempat memberikan informasi mengenai kondisi Pele terakhir sebelum meninggal dunia.

Dalam unggahan sebelumnya, Kely mengatakan, saat ini dia dan keluarganya tengah menghadapi situasi yang sulit. 

Melansir Daily Mail, Pele tengah berjuang melawan penyakitnya yakni disfungsi ginjal dan jantung. Sebelumnya, Pele telah menjalani operasi tumor pada September 2021. Tapi, dia harus kembali ke rumah sakit beberapa waktu lalu hingga saat ini.

Kely menggambarkan kabar terbaru Pele dengan kondisi yang menyedihkan dan putus asa. Tapi, mereka bersama-sama terkadang masih bisa tertawa dan banyak berbicara mengenai masa lalu yang menyenangkan. 

"Tapi, yang banyak kami pelajari dari semua ini adalah kami masih bersama dan saling memeluk erat," ungkapnya. 

Sebelum meninggal dunia, Pele di rawat di Rumah Sakit Israelita Enstein. Kabar perawatan Pele ini pertama kali diunggah oleh Pele sendiri melalui Instagram. Saat itu, Pele menulis pesan bahwa dirinya tengah dalam perawatan dan berharap semua orang untuk tetap tenang. 

Baca Juga: 10 Pemain & Pelatih Terbaik di Piala Dunia 2022 & Pencapaiannya!

Bahkan, dalam unggahannya tersebut, Pele menyampaikan, dia masih bisa melihat Brasil di Piala Dunia 2022 berkat kekuatan dari Tuhan dan pesan positif dari para pendukungnya. Pesan ini dia sampaikan pada 4 Desember 2022. 

Kabar duka Pele meninggal dunia tentu membuat penggemar sepak bola tengah bersedih. Tapi, prestasi dan inspirasi sang Rei, julukan untuk Pele, akan abadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News