HOME, Bugar

Jarang Diketahui! Kenali 5 Penyebab Anus Gatal

Jarang Diketahui! Kenali 5 Penyebab Anus Gatal

MOMSMONEY.ID - Anus gatal atau pruritus ani adalah rasa atau sensasi gatal di lubang anus atau dubur. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tetapi umumnya terjadi akibat iritasi di kulit anus.

Anus gatal bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit atau kondisi tertentu. Anus gatal umumnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah penderita mengetahui dan menghindari pemicunya.

Namun, pada beberapa kasus, anus gatal juga bisa disebabkan suatu penyakit sehingga harus mendapatkan pengobatan.

Penyebab anus gatal sangat beragam, mulai dari iritasi, konsumsi makanan dan minuman tertentu, penggunaan obat-obatan dan suplemen, atau penyakit. Berikut 5 penyebab anus gatal yang harus Anda ketahui.

Baca Juga: Saat Sembelit, Jangan Sekali-Kali Mengonsumsi 5 Makanan Ini

1. Tidak membersihkan dengan sempurna habis BAB

Anus adalah lubang tempat keluarnya feses. Feses terdiri atas ampas makanan, bakteri, dan berbagai macam senyawa kimia sisa pencernaan. Beberapa senyawa kimia pada feses terkadang menimbulkan rasa gatal saat melewati anus.

Jika tidak membersihkan pantat dengan baik setelah buang air besar, feses bisa menempel pada anus. Kombinasi berbagai bakteri dan senyawa kimia pada feses akhirnya memperparah kondisi anus yang gatal. 

2. Celana dalam yang ketat

Celana yang ketat dan berbahan sintetis dapat menyebabkan anus gatal. Anda disarankan untuk menggunakan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat.

Apabila terasa lembap, seperti setelah berolahraga, Anda harus mengganti celana dalam dengan yang bersih.

Selain itu, menurut penelitian yang terbit pada jurnal Annals of the Royal College of Surgeons of England menemukan, selain pakaian lembap akibat keringat, sisa atau residu deterjen dengan bahan enzim biologis, seperti lipase dan enzim protease juga menjadi penyebab anus gatal.

3. Pola makan

Makanan serta minuman yang Anda konsumsi berpengaruh terhadap kondisi feses dan anus. Contohnya, kopi bisa melonggarkan otot anus sehingga feses lebih mudah keluar. Feses menjadi lebih mudah menempel pada anus dan menyebabkan gatal.

4. Ambeien atau wasir

Ambeien atau wasir, atau pembengkakan pembuluh darah vena di rektum atau anus. Hal ini mampu menimbulkan sensasi terbakar dan anus terasa gatal. Untuk mengurangi sensasi yang muncul saat ambeien, berendam di air hangat selama 15 menit, beberapa kali dalam sehari. Selain itu konsumsi air miinum lebih banyak serta tingkatkan asupan serat.

5. Kutil

Kutil pada bagian kelamin, termasuk anus, disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Kutil tersebut tumbuh di dalam dan sekitar anus, serta dapat menyebar ke area penis atau vagina. Gatal pada anus menjadi salah satu gejala kutil pada area tersebut.

 Baca Juga: Sering Nyeri Bahu Sebelah Kanan Bisa Jadi Gejala Penyakit Batu Empedu

Anus gatal sebenarnya dapat ditangani sendiri. Untuk mencegah lubang anus gatal, pastikan Anda juga menjaga kebersihan diri, pakaian, dan ruangan, serta menjauhi perilaku seks yang tidak aman. Walau begitu, pada kondisi yang lebih serius, Anda harus menghubungi dokter

Selanjutnya: Anda Menderita Ambeien? Sembuhkan dengan Obat Alami Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News