HOME, Bugar

Saat Sembelit, Jangan Sekali-Kali Mengonsumsi 5 Makanan Ini

 Saat Sembelit, Jangan Sekali-Kali Mengonsumsi 5 Makanan Ini

MOMSMONEY.ID - Sembelit didefinisikan sebagai keadaan sulit buang air besar (BAB) yang ditandai dengan aktivitas BAB kurang dari tiga kali per minggu. Bila Anda adalah salah satu orang yang kerap mengalami sembelit, jangan merasa malu karena ini merupakan masalah yang cukup umum dan dialami oleh banyak orang.  

Salah satu yang memicu gejala sembelit yaitu kurangnya asupan makanan berserat. Serat adalah sumber gizi yang paling dibutuhkan tubuh untuk melembutkan feses dan menjaga kelancaran gerak usus sehingga feses dapat keluar lebih mudah. 

Apabila Anda kurang makan serat, gerakan usus akan jadi melambat sehingga bentuk feses pun berubah kering lalu mengeras di dalam perut. Akhirnya, terjadilah sembelit dan sulit untuk dikeluarkan. Jika anda sedang mengalami sembelit, lebih baik menghindari mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.  

1. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang bisa Anda temukan dalam beragam olahan, mulai dari cokelat batangan, permen, hingga cake. Jenis makanan ini memang favorit banyak orang. Sayangnya, cokelat termasuk makanan penyebab sembelit bagian sebagian orang. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

2. Daging merah

Makanan ini dapat menjadi penyebab sembelit karena mengandung lemak yang tinggi. Selain lemak yang sulit dicerna, daging merah memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan serat protein yang keras. Semua efek ini dapat mengakibatkan feses keras dan meningkatkan potensi sembelit.

3. Makanan cepat saji

Selain meningkatkan risiko penyakit hipertensi dan penyakit kronis lainnya, makanan cepat saji ternyata bisa jadi penyebab sembelit. Makanan cepat saji cenderung tinggi lemak tapi rendah serat. Kombinasi keduanya dapat memperlambat gerakan usus.  

4. Kesemek 

Meskipun termasuk dalam golongan buah, beberapa jenis kesemek yang sepat dapat menyebabkan sembelit bagi sebagian orang. Hal ini karena kesemek mengandung tanin, sejenis senyawa yang dapat memicu sembelit dengan memperlambat pergerakan usus sehingga bisa mengganggu pencernaan. 

5. Alkohol 

Alkohol sering disebut sebagai sumber sembelit, karena ketika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan dehidrasi dan meningkatkan risiko sembelit. Pasalnya, konsumsi jumlah alkohol yang banyak bisa meningkatkan jumlah cairan yang hilang melalui urin. 

Baca Juga: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan Tubuh

Makanan yang disebutkan di atas memang sering menyebabkan kesulitan saat buang air besar. Akan tetapi, tidak semua orang yang makan makanan ini akan langsung terkena sembelit. Namun Anda harus tetap bisa mengontrol untuk mengonsumis sesuatu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sembelit.

Selanjutnya: Obat ambeien ini tidak perlu dibeli di apotek, simak juga cara penggunaannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News