Jarang Diketahui, Inilah 4 Manfaat Kenari untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Reporter: Rizka Noveliana
Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:01 WIB
Jarang Diketahui, Inilah 4 Manfaat Kenari untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

ILUSTRASI. Jarang Diketahui, Inilah 4 Manfaat Kenari Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

MOMSMONEY.ID - Mungkin jarang orang tahu manfaat dari kacang kenari untuk kecantikan. Kacang kenari mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh. Kandungan dari kacang kenari seperti protein, mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan zat besi.

Selain itu, kacang kenari juga kaya akan asam lemak dan lemak tak jenuh. Pada dunia kecantikan, kacang kenari memiliki manfaat yang baik untuk kulit dan rambut. Melansir dari klinikrumahcantik.id, ada beberapa manfaat kacang kenari untuk kecantikan yang jarang diketahui banyak orang. Ada apa saja, ya? Yuk, cari tahu di sini.

1. Menutrisi Kulit

Manfaat kacang kenari untuk kecantikan adalah dapat menutrisi kulit. Kacang kenari mengandung vitamin E dan antioksidan yang berfungsi untuk membuat kulit terlihat awet muda, sehat dan cerah. Selain dimakan, kacang kenari juga bisa dijadikan bahan utama scrub. 

Cara cukup mudah dengan menumbuk kacang kenari, campurkan dengan madu dan aduk hingga merata. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti minyak zaitun atau air lemon. Selanjutnya, oleskan secara merata di wajah, tunggu selama 15 menit lalu pijat wajah dengan gerakan memutar selama tiga menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Melembabkan Kulit

Kacang kenari juga bisa melembabkan kulit Anda. Pemilik kulit kering dan mudah iritasi bisa menggunakan produk minyak kenari. Sebelum tidur, oleskan minyak kenari ke wajah secara merata, lalu pijat wajah dengan lembut.

Biarkan semalaman lalu bilas wajah dengan air hangat keesokan harinya. Jika Anda ingin mendapatkan kulit yang lembab dan halus, lakukan cara ini setiap hari selama sebulan

Baca Juga: Ketahui 4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari oleh Pemilik Kulit Sensitif

Kacang kenari

3. Menjaga Kesehatan Rambut 

Setelah kulit, kacang kenari mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut. Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kekurangan vitamin B7 atau biasa disebut dengan biotin.

Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang kenari yang kaya akan vitamin B7. Kenari juga mengandung berbagai komponen seperti asam lemak omega 6, zinc, dan zat besi yang dikenal penting untuk pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan dan memperkuat folikel rambut

4. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat kacang kenari untuk kecantikan lainnya adalah dapat menghilangkan mata panda. Memiliki mata panda di wajah cukup menggangu penampilan Anda sehari-hari. Namun, kacang kenari dapat mengatasi masalah tersebut. 

Anda bisa mencoba mengaplikasikan minyak kenari secara rutin di daerah sekitar mata. Selain menghilangkan mata panda dan kantung mata, minyak kenari juga berkhasiat merilekskan mata dan membuat kulit terlihat bercahaya.  

Walaupun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi kacang kenari berlebihan juga tidak dibenarkan. Salah satu efek sampingnya adalah menimbulkan batu ginjal karena kandungan oxalate, zat kimia yang menyebabkan terbentuknya kristal-kristal kecil. Cukup konsumsi 1,5 ons kenari per hari untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Selanjutnya: Inilah 3 Manfaat Face Mist untuk Wajah Terhindar dari Kulit Kusam

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru