HOME, Bugar

Jangan Keliru! Inilah Perbedaan SPF dan PA Pada Sunscreen

Jangan Keliru! Inilah Perbedaan SPF dan PA Pada Sunscreen

MOMSMONEY.ID - Moms mulai sekarang jangan keliru lagi, ternyata SPF dan PA memiliki perbedaan. Seperti yang Anda tahu bahwa SPF dan PA pada sunscreen dipercaya mampu menangkal sinar ultraviolet (UVA & UVB) yang mana berpotensi memicu kanker kulit.

Melansir dari www.loreal-paris.co.id, Sinar UVA dapat masuk sampai ke lapisan dermis kulit lalu merusak kolagen dan struktur kulit, menyebabkan penuaan dini. Sementara sinar UVB merusak lapisan di permukaan kulit dan menyebabkan kulit iritasi dan terbakar. Itulah pentingnya sunscreen bagi kulit Anda. 

Walaupun sama-sama dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Perbedaan keduanya terlihat pada perlindungan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan SPF dan PA pada produk sunscreen yang harus Anda pahami:

Baca Juga: Ini Dia Deretan Selebriti yang Kerap Mendapatkan Komentar Body Shaming

  • SPF (Sun Protection Factor)

SPF (Sun Protection Factor) adalah pelindung kulit dari sinar UVB. SPF umumnya diikuti dengan angka yang menjadi kode seberapa besar perlindungan yang diberikan kepada kulit. Masih bersumber dari www.loreal-paris.co.id, SPF 15 menyaring 93% paparan sinar UVB, SPF 30 menghalangi 97%, sementara SPF 50 menghalangi 98% paparan sinar UVB.

Angka lebih tinggi dari 50 dianggap tidak efektif karena SPF tidak dapat melindungi sampai 100% dari paparan sinar UVB. Para ahli menyarankan Anda bisa menggunakan SPF 15 dan 30 saja, angka tersebut sudah cukup menghalangi sinar UVB bagi kulit. 

  • PA (Protection Grade of UVA)

PA (Protection Grade of UVA) adalah pelindung kulit dari sinar UVA. Sinar UVA dapat menembus hingga ke dalam kulit dan mempercepat penuaan sel-sel kulit (photoaging). Jika tingkatan perlindungan SPF dengan angka, maka tingkatan perlindungan PA ditandai dengan +, mulai dari PA + yang paling ringan sampai PA ++++ yang terkuat. Untuk kita yang di negara tropis, sunscreen dengan PA ++ hingga +++ sudah cukup untuk melindungi kulit.

Jadi perbedaannya yaitu SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang dapat merusak lapisan permukan kulit, menjadi iritasi dan terbakar. SPF memiliki tingkatan perlindungan berupa angka. Sedangkan PA berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan dini dengan tingkatan perlindungan berupa + .

Selanjutnya: Ketahui Cara Mudah Mengencangkan Kulit Wajah, Cobain Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News