HOME, Santai

Jangan Gunakan Sepatu Bayi Terlalu Dini! Ini Dia Beberapa Alasannya

Jangan Gunakan Sepatu Bayi Terlalu Dini! Ini Dia Beberapa Alasannya

MOMSMONEY.ID - Sepatu tentunya menjadi bagian penting bagi bayi sebagai alas kakinya. Namun seiring berjalannya waktu ternyata ada baiknya untuk tidak menggunakan sepatu terlalu dini pada bayi.

Walaupun hanya sebagai pelengkap penampilan bayi, namun ada baiknya untuk membiarkan bayi memiliki waktu untuk tidak menggunakan sepatu terlalu dini.

Sepatu bayi memiliki fungsi untuk melindungi kaki bayi dari benda tajam dan berbahaya. Jika bayi Anda belum bisa jalan ada baiknya untuk membiarkannya tanpa alas kaki. 

Baca Juga: Apa Itu Postpartum Depression? Berikut Penjelasan dan Gejalanya

Menggunakan kaos kaki bisa dijadikan alternatifnya agar bayi tak merasa kedinginan dan terserang penyakit.

Ketika sedang berlatih berjalan, ada baiknya untuk membiarkan bayi Anda berjalan di taman atau tanah. Hal tersebut dapat membuatnya merasakan grounding atau membuat bayi bisa merasa menyatu dengan tanah tempat ia berpijak.

Selain itu, membiarkan bayi berjalan tanpa sepatu bisa membantunya untuk meningkatkan kekuatan kaki dan juga pergelangan kaki. Karena bagian tersebut adalah bagian paling penting yang menopang tubuh bayi saat berjalan.

Menggunakan sepatu juga tidak dapat membuat bayi Anda lebih cepat berjalan. Hal tersebut hanya akan didapatkan ketika memang sudah waktunya bayi Anda untuk berjalan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Manfaat Minum Kopi Secara Rutin untuk Kesehatan Rambut

Saat bayi Anda sudah dapat berjalan dengan baik, sebaiknya gunakan sepatu dengan bahan ringan dan fleksibel jika ingin mengenakan sepatu untuk bayi.

Dengan menggunakan sepatu yang memiliki bahan tersebut maka kaki bayi Anda akan lebih mudah untuk bergerak dengan nyaman tanpa merasa berat untuk menggerakkan kakinya.

Sepatu dengan bahan yang keras dan berat bisa membatasi ruang gerak bayi Anda. Terutama jika bayi Anda baru saja bisa berjalan. Sehingga malah bisa membuat kaki bayi menjadi rentan terluka dan merasa lelah.

Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak menggunakan sepatu bayi terlalu dini pada bayi. Dikarenakan proses natural atau grounding lebih diperlukan untuk membiasakan bayi lebih dahulu mengenal tanah. 

Selain itu proses grounding juga bisa membantu bayi untuk meningkatkan sistem motoric dan melatih kulitnya untuk merasakan benda beda di sekitarnya yang ia pijak.

Selanjutnya: Jangan Dilakukan! Beberapa Perilaku Ini Bisa Menghambat Karier

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News