HOME, Bugar

Jangan Disepelekan! Ini 5 Tanda Tubuh Sudah Terlalu Banyak Lemak

Jangan Disepelekan! Ini 5 Tanda Tubuh Sudah Terlalu Banyak Lemak

MOMSMONEY.ID - Kelebihan lemak tubuh bisa memberikan dampak serius pada kesehatan. 

Apabila ini terjadi, respons tubuh terhadap insulin bisa mengalami kerusakan serta meningkatkan gula darah dan kadar insulin.  

Kelebihan lemak bisa menyebabkan kematian dan kecacatan, termasuk serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes, osteoartritis, hati berlemak, dan depresi.  

Baca Juga: Jangan Takut! Inilah 5 Manfaat Rutin Melakukan Donor Darah

Dilansir dari Mayo Clinic dan Health Focus, berikut ini beberapa tanda jika tubuh sudah banyak lemak dan jangan disepelekan, antara lain:   

1. Sensasi kembung dan kentut

Tanda jika tubuh sudah banyak lemak yang pertama adalah sering merasakan sensasi kembung dan kentut.   

Ini dikarenakan lemak sulit dipecah oleh tubuh, menyebabkannya berfermentasi lebih lama di perut. Lemak sering dapat menyebabkan sendawa, kembung dan buang gas alias kentut.  

2. Lesu dan menjadi lebih lamban 

Tanda jika tubuh sudah banyak lemak yang kedua adalah lesu dan menjadi lebih lamban dan kerap lesu saat melakukan aktivitas fisik. 

Meskipun tubuh membakar lemak untuk energi, makan makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kamu merasa lesu atau lelah di siang hari.  

3. Kesulitan tidur

Tanda jika tubuh sudah banyak lemak yang ketiga adalah kesulitan tidur dan jika sudah tidur saat bangun tidur, badan akan terasa lelah di seluruh tubuh. 

Lemak adalah nutrisi yang membutuhkan waktu paling lama untuk dipecah dalam sistem tubuh, sehingga dapat memengaruhi jam istirahat dan mengganggu waktu tidur.  

Baca Juga: Darah Tinggi Juga Bisa Menyerang Remaja, Kenali Penyebabnya!

4. Serangan migrain 

Tanda jika tubuh sudah banyak lemak yang keempat adalah mengalami serangan migrain. Naiknya berat badan ternyata juga berkaitan dengan risiko migrain.  

Orang yang mengalami kenaikan berat badan disebut memiliki peluang lebih tinggi mengalami sakit kepala mendadak alias migrain.  

5. Mendengkur 

Tanda jika tubuh sudah banyak lemak yang kelima adalah sering mendengkur. Peningkatan berat badan juga menyebabkan seseorang mendengkur saat tidur di malam hari.  

Kondisi ini bisa menyebabkan penyempitan saluran udara yang akhirnya memicu dengkuran keras saat tidur di malam hari.  

Itulah beberapa tanda jika tubuh sudah banyak lemak yang perlu diwasapadai. Segeralah menerapkan pola hidup sehat dan juga mengonsumsi makanan sehat setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News