HOME, Bugar

Darah Tinggi Juga Bisa Menyerang Remaja, Kenali Penyebabnya!

Darah Tinggi Juga Bisa Menyerang Remaja, Kenali Penyebabnya!

MOMSMONEY.ID - Darah tinggi banyak dikenal sebagai penyakit yang menyerang orang berusia lanjut, karena risiko darah tinggi memang semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Namun kenyataannya, kasus darah tinggi pada usia muda, termasuk remaja, ditemukan semakin banyak di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Menurut data, 25,8 persen dari total kasus darah tinggi nasional, kurang lebih 5,3 persen di antaranya menyerang remaja dengan usia 15-17 tahun.

WHO memprediksi pada 2025, kira-kira 29 persen orang dewasa di seluruh dunia akan mengidap darah tinggi.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Dilansir dari Kids Health dan Heart.org, inilah beberapa penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja, antara lain: 

1. Malas berolahraga

Penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja pertama adalah malas berolahraga. Hal itu dikarenakan tanpa berolahraga, pembuluh darah tidak akan sehat.

Saraf-saraf tubuh menyempit dan pasokan darah baru yang berisi oksigen tidak cukup.

2. Konsumsi alkohol

Penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja kedua adalah mengonsumsi alkohol. 

Mengonsumsi alkohol dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, seperti arteri menuju kepala yang menjadi penyebab darah tinggi pada usia muda.

3. Faktor keturunan

Penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja ketiga adalah faktor keturunan. Seorang anak dengan orang tua yang menderita tekanan darah tinggi akan memiliki risiko mengalami darah tinggi.

Kecenderungan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan anak dengan orangtua yang tidak memiliki riwayat darah tinggi.

Baca Juga: 5 Cara Tepat untuk Mengatasi Masalah Gigi Sensitif

4. Kebiasaan merokok

Penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja keempat adalah kebiasaan merokok. Perokok usia muda lebih rentan mengalami hambatan pada pasokan darah bersih di dalam arteri menuju otak.

Nikotin dalam rokok dapat melukai dinding pembuluh darah, mencemari darah, dan menghambat kinerja jantung ketika memompa darah ke seluruh tubuh.

5. Stres

Penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja kelima adalah stres. Pasalnya, ketika stres hormon-hormon dalam tubuh akan mengalami perubahan.

Stres juga memiliki potensi ancaman terhadap aspek kesehatan lainnya yang berhubungan, seperti kondisi lemak darah dalam tubuh.

Itulah beberapa penyebab darah tinggi yang kerap menyerang remaja dan sebaiknya mulai seakrang terapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makan sehat dan berolahraga secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News