Bugar

Jangan Dikonsumi! Ini 5 Makanan yang Memperparah Flu dan Batuk

Jangan Dikonsumi! Ini 5 Makanan yang Memperparah Flu dan Batuk

MOMSMONEY.ID - Makanan yang memperparah flu dan batuk sangat beragam, dan sebaiknya tidak Anda konsumsi untuk membantu meredakan gejalanya.  

Hal yang bisa dilakukan seperti memperbanyak asupan air putih, berkumur air garam, mandi air hangat, mengonsumsi makanan bernutrisi, hingga istirahat yang cukup.

Ini semua diyakini lebih aman untuk menurunkan gejala flu dan batuk. Namun, Anda juga perlu waspada terhadap beberapa jenis makanan yang justru memperparah flu dan batuk.

Mengutip Healhline, berikut adalah makanan yang memperparah flu dan batuk yang sebaiknya dihindari, antara lain: 

Baca Juga: Ingin Meredakan Flu? Inilah Beberapa Makana yang Bisa Dikonsumsi

1. Susu

Saat kondisi tubuh tidak nyaman, mengonsumsi susu hangat dinilai bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Padahal, mengonsumsi susu saat flu dan batuk membuat jumlah lendir meningkat. Lendir juga akan lebih menebal dan sulit dikeluarkan. Hal ini akan membuat kondisi semakin parah.

2. Makanan yang terlalu asin

Makanan yang memperparah flu dan batuk selanjutnya adalah makanan yang terlalu asin. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu asin saat batuk.

Anda disarankan untuk berkumur atau mengonsumsi banyak air putih setelah mengonsumsi makanan asin saat batuk dan flu.

3. Makanan pedas

Makanan yang memperparah flu dan batuk ketiga adalah makanan pedas. Makanan pedas dinilai bisa meningkatkan nafsu makan.

Namun, saat Anda sedang flu dan batuk, sebaiknya hindari makanan pedas untuk sementara. Pasalnya, kandungan capsaicin dapat memicu refleks batuk dan meningkatkan jumlah lendir.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

4. Cokelat

Makanan yang memperparah flu dan batuk keempat adalah cokelat. Hindari cokelat saat Anda sedang mengalami batuk dan flu.

Makanan ini memiliki kandungan kafein yang bisa meningkatkan risiko dehidrasi, sehingga memperlambat proses pemulihan kesehatan.

5. Makanan dengan tekstur keras

Makanan yang memperparah flu dan batuk terkahir adalah makanan dengan tekstur keras. Hindari mengonsumsi makanan dengan tekstur yang keras atau renyah, seperti biskuit.

Makanan renyah atau bertekstur kasar dapat meningkatkan iritasi pada tenggorokan sehingga memperburuk gejala batuk. 

Itulah beberapa makanan yang memperparah flu dan batuk dan bisa Anda hindarai agar tidak semakin memperburuk gejalanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News