Bugar

Catat! Ini 5 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

Catat! Ini 5 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat

MOMSMONEY.ID - Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pilek, sinus, alergi, dan sebagainya yang bisa jadi sangat membuat tidak nyaman. 

Hidung tersumbat adalah situasi yang sangat mengganggu sehingga Anda perlu tahu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif. 

Hal ini bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti, asap rokok, asap kendaraan bermotor, serbuk sari, bahkan udara dingin sekalipun. Namun, sebagian kondisi, hidung tersumbat bisa mengarah pada kondisi kesehatan.

Dilansir dari Healhtline dan Web MD, untungnya ada beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif seperti berikut ini: 

Baca Juga: Hidung Tersumbat Tak Kunjung Sembuh? Ini Salah Satu Gejala Polip Hidung

Istirahat cukup

Kondisi kesehatan bisa menjadi salah satu penyebab hidung tersumbat. Salah satu cara untuk membantu mengatasi hidung tersumbat adalah dengan istirahat cukup.

Selama tidur, sistem imun membantu memulihkan kondisi tubuh, terutama yang terkait dengan sakit flu dan batuk yang memicu sinusitis.

Berjemur di pagi hari

Berjemur di pagi hari bisa membantu mengatasi hidung tersumbat. Disarankan setidaknya duduk di matahari pagi antara jam 7 – 9 untuk membisakan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Berjemur di matahari pagi juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan.

Minum air jahe hangat

Hal lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah dengan minum air jahe hangat.

Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat Anda lebih fit dan sehat.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Sederet Penyakit yang Rentan Terjadi di Musim Hujan

Menghirup uap panas

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif adalah menghirup uap panas. Anda bisa merebus air hingga mendidih, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember. 

Kemudian, Anda duduk menghadap baskom tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

Kompres hidung dengan air hangat

Anda bisa mengompres hidung dengan handuk yang dibasahi air hangat selama beberapa menit. Air hangat membantu melegakan jalur napas pada hidung yang tersumbat. Kompreslah hingga jalur hidung terasa lebih lega.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika setelah melakukan cara tersebut tidak kunjung reda, segera periksa ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News